MotoGP 2024 Kesempatan Terakhir Miguel Oliveira dengan Aprilia! Terancam Pensiun?

ManiakMotor.com – Kita tahu bagaimana penurunan performa pembalap asal portugal, Miguel Oliveira di MotoGP 2023. Usai rentetan cedera akibat beberapa kali cium aspal di sirkuit, sehingga doi hanya bisa meraih 76 poin dari 22 seri dan posisi ke 16 pada finalnya.

Ngenes beut kan bro?, padahal di MotoGP 2022, Oliviera yang kala itu belum tergeserkan posisinya dengan Jack Miller di tim KTM Red Bull sedang berada di puncak-puncaknya yakni finis di posisi ke 10 dengan total 149 poin serta 2 kemenangan.

Terhitung sudah tiga hari berlalu tepatnya di Sabtu (27/01-2024) sejak Trackhouse Racing  rilis secara resmi sebagai tim satelit Aprilia terbaru di MotoGP 2024 dengan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez di dalamnya. Momentum bergabungnya Oliveira dengan tim berwajah baru internal lama ini menjadi lembaran awal untuk doi bangkit lagi.

“Tahun lalu saya pikir saya hanya menyelesaikan 9 dari 21 balapan, satu-satunya pikiran saya adalah membayar kembali Aprilia atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya. Pun mengingat ada da 90 persen pembalap yang tidak memiliki kontrak (untuk musim 2025), jadi saya sama khawatirnya dengan siapa pun,” ungkap Oliveira dilansir dari Motosan, Senin (29/1/2024).

Kekhawatiran dari Oliveira dapat dipahami apabila kita menengok ke belakang seperti yang diawal telah dibahas. Hal ini juga ditambah dengan realita banyaknya kontrak dari tim balap yang pada praktiknya dilanggar tak sesuai dengan yang ada di kertas; tak sedikit tim yang memutuskan kontrak dengan pebalap mereka lebih awal dan buru-buru merekrut pebalap baru untuk musim selanjutnya. Hmmm, ya gak heran sih.

Oliveira memang tidak banyak mengungkapkan secara blak-blakan soal masa depan karirnya sebagai pebalap di Trackhouse Racing tim, namun dari pertimbangan keabu-abuan kontrak doi dengan  tim untuk musim berikutnya, setidaknya bisa menjadi gambaran lah ya.

Ngomong-ngomong, balik ke judul artikel ini, akankah doi bisa bersaing agar mencapai tujuannya sendiri yakni konsisten berada di kelas utama hingga MotoGP 2025?. 

Optimisme peluang dari Oliveira tentu masih ada kok!, apalagi fakta bahwa di tahun ini doi akan mendapatkan motor spek pabrikan. Oliveira melihat ini sebagai peluang sekaligus tantangan, karena harus melalui proses adaptasi dengan mesin beroda dua tersebut agar memperoleh settingan hingga langkah awal guna memaksimalkan performa.

Motor anyar spek pabrikan Aprilia ini tak mentah-mentah dianggap oleh Oliveira sebagai sebuah keberuntungan tok, ya karena kan namanya belajar untuk menguasainya itu tetap memerlukan waktu, enggak yang ajaib karena baru langsung jago

“Tapi saya rasa motor baru ini bukanlah sebuah keuntungan. Anda harus terlebih dahulu mengenalnya dan melakukan pengaturan dasar. Namun dalam jangka panjang, hal ini akan membuahkan hasil,” kata pebalap asal portugal itu dilansir dari Speedweek, Selasa (30/01-2024).

Soal adaptasi juga tidak hanya dengan motornya yang anyar itu, tapi juga dengan tim yang baru. Namun, Oliveira bilang bahwa proses perpindahannya ke tim baru bersama Aprilia berjalan dengan baik.

“Awak timnya kurang lebih sama seperti tahun lalu, namun semangatnya berubah. Rasanya enak, sangat berorientasi pada kinerja. Hancurnya tim lama membuat semua orang sedikit lengah, termasuk kami para pembalap. Namun semua orang berperilaku sangat profesional dan transisi berjalan sangat lancar,” ucapnya lebih lanjut.

Yap, mari kita lihat apakah di MotoGP musim ini Oliveira dapat membuktikan kenapa dirinya pantas melanjutkan kontrak dengan tim di kelas utama dan peningkatan performa yang akan diusahakannya bersama tim maupun motor yang serba baru.

-Diva-