MotoGP 2024 Ladang Pertempuran Bagnaia, Marquez, dan Martin Rebutkan Juara Dunia, Nih Prediksi Sepuh Jorge Lorenzo!

Maniakmotor.com — Legendaris Juara Dunia delapan kali, Jorge Lorenzo, akhirnya angkat bicara soal prediksi doi mengenai siapa yang paling potensial berada di podium tertinggi MotoGP 2024. Menurut doi, musim ini adalah paling sulit untuk ditebak karena persaingan yang teramat sengit.

Pembalap pensiunan tim Repsol Honda, melihatnya dari beberapa highlight. Mulai dari, Marc Marquez yang kini tunggangi Desmosedici GP23 di garasi tim Gresini Ducati, hingga Pecco Bagnaia, Juara Dunia tahun lalu yang masih konsisten ungguli tes pramusim di Qatar. Tak luput dari, Jorge Martin, sang Runner Up MotoGP 2023, yang masih meraih kecepatan terbaik dan ambisius gapai Juara Dunia untuk pertama kalinya.

Analisis Lorenzo, dimulai dari Pecco Bagnaia. Bagi doi, sang juara dunia dua kali itu layaknya pembalap “robot” yang perfeksionis. Bagnaia selalu mengusahakan segala hal berjalan sempurna, dan ketika ia merasa kuat, maka dia akan pertahankan untuk menjadi yang “tak terkalahkan”. 

“Bagnaia sudah mengendarai Desmosedici selama 5 tahun, dia telah mengikuti dan beradaptasi dengan setiap evolusi dari kuda besi pabrikan Ducati itu. Kepercayaan diri yang dia punya amat tinggi, sehingga dia bisa menunjukkan kepada rivalnya bahwa dirinya adalah yang terbaik dan tak terkalahkan,” komentar Lorenzo dilansir dari Speedweek (Selasa, 5 Maret 2024).

“Strategi yang dilakukan oleh Pecco bisa dibilang sempurna. Dia bisa mempertahankan itu untuk setidaknya membuat lawan tidak percaya diri. Yang terpenting, dia harus merada bahwa posisi dia krusial bagi tim, dan dia bisa buktikan lebih lanjut di trek,” sambung Lorenzo lebih lanjut.

Lanjut, komentar Lorenzo terhadap mantan rekam setimnya di Repsol, Marc Marquez. Bagi doi, performa hari Pertama Marc di Valencia dengan Ducati, bisa dibilang mengesankan bagi publik. Banyak yang menilai Marc bisa Juara Dunia musim ini dengan Ducati. Namun, doi tidak berpikir demikian, didasarkan penampilan Marc di Sepang kemarin.

Setidaknya doi merangkum tiga masalah dasar yang dialami Marquez pada debutnya dengan Gresini Ducati. Pertama, butuh waktu berapa lama untuk The Baby Alien itu adaptasi dengan Ducati. Lorenzo Marc masih menunggangi Desmosedici dengan gaya Honda.

Kedua, seberapa signifikan perbedaan antara Desmosedici GP 23 yang kini ditunggani oleh Marquez dengan GP 24 yang ditunggangi oleh Martin dan Bagnaia.

“Jorge Martin dan Pecco Bagnaia bukanlah pembalap yang buruk, mereka sangat eksplosif dan cepat. Jika mereka punya motor yang lebih baik dari Marc, yang juga minim pengalaman di Ducati, itu bisa menjadi kunci penting,” ucap Lorenzo.

Kemudian, terakhir atau yang ketiga, berkenaan dengan kondisi lengan Marquez yang cedera cukup parah bertahun-tahun. Apakah kondisinya itu akan membaik? Atau justru tidak bisa balik seperti semula?

Sebagai penutup prediksi doi terhadap tiga pentolan Ducati itu, pada intinya siapa yang peluang terdekat untuk jadi Juara Dunia tahun ini?

“Semakin sulit untuk diprediksi setiap tahunnya, namun jika saya harus menyebutkan satu – dan saya akan menyebutkan salah satu yang ingin saya lihat di depan, maka itu adalah Jorge Martin,” doi pada akhirnya memilih sang Runner Up MotoGP 2023 itu.

“Dia pantas mendapatkan gelar, karena bakatnya dan siapa dirinya. Mudah-mudahan dia dapat mengambil langkah terakhir yang diperlukan untuk mencapai hal ini. Tentu saja hal itu tidak akan mudah. Saya akan menempatkan Pecco di posisi kedua dan Marc Márquez di posisi ketiga.” 

Diva-