MotoGP Austria 2021: Valentino Rossi Jelaskan Alasan Selalu Kalah Start Belakangan Ini!

Maniakmotor – Belakangan ini Rossi kerap mengaloami awal start yang buruk, mulai dari seri Sachsenring, hingga GPStyria kemarin. Setelah restart karena bendera merah itu, Rossi turun dua posisi dari P-17 ke P-19. Beruntung ia dapat bertahan dan membawa pulang beberapa poin dengan finish di P-13.

“Sayangnya saya memang kehilangan beberapa posisi pada lap pertama, dan itu memang cukup menambahkan waktu dan membuat saya harus lebih sibuk. Namun beruntung saya bisa tetap konstan hingga akhir perlombaan.” Jelas Rossi yang masih dapat bersyukur dengan posisi ke-13 nya itu.

Namun pada GP Styria ia hanya kehilangan 2 posisi saat start ulangan itu. Sementara di Sachsenring doski kehilangan empat posisi, dan lebih parah lagi di Assen ketika ia harus kehilangan 9 posisi sekaligus.

Ternyata Valentino Rossi mengalami masalah pada launch control electronic-nya. Hal tersebut dikarenakan Yamaha memiliki holeshot device baru atau alat untuk membantu agar start lebih kencang. “Alat baru (front holeshot system) ini mempengaruhi perangkat elektronik lainnya, dan ini cukup mengganggu saya.” Tambah Rossi menjelaskan.

Rupanya Rossi tidak merasa nyaman dengan peralatan baru ini, “Jadi tentu saya sudah start dengan buruk beberapa kali ini. Namun sebelum adanya modifikasi tersebut, saya bisa start dengan baik-baik saja. Jadi pada race minggu ini kami sudah sedikit membenahi namun belum 100%.” Papar Rossi yang sempat beristirahat di rumahnya tiga hari sebelum GP Austria-2.

Namun tidak hanya masalah elektronik, “Motor Yamaha sedikit pelan pada track lurus, seperti yang kita ketahui. Dan hal tersebut cukup menyulitkan bila kita harus beradu cepat pada tikungan pertama, terutama dengan mereka yang memiliki motor lebih mendukung. Musim ini merupakan, musim yang sulit untuk lap pertama kami, dan itu berlaku untuk pembalap Yamaha lainnya.” Tutup Rossi.

Raider

 

BAGIKAN