MotoGP: Dibandingkan Opa Giacomo Agostini, Rossi Jauh Lebih Dijagokan Jorge Lorenzo!

Jorge Lorenzo hadir di perpisahan dengan Valentino Rossi

Maniakmotor – Giacomo Agostini adalah salah satu tokoh penting dalam perkembangan balap motor dunia. Dan sampai saat ini gelar juara dunia orang Italia itu tetap tidak ada yang mengalahkan. Doski mengkoleksi 15 titel juara dunia di kelas GP500 dan GP350, mulai dari tahun 1966 – 1975 di dua kelas yang berbeda.

Sementara Valentino Rossi merupakan tokoh balapan modern yang pastinya juga tidak kalah terkenal, atau bahkan lebih terkenal dari Giacomo Agostini. Dimana Rossi menjuarai 9 titel juara dunia, pada satu kelas di tahunnya tertentu. Beda ya, Opa Giacomo Agostini bisa menjuarai dua gelar sekaligus dalam satu tahun, sementara Rossi hanya bisa tampil di satu kelas dalam satu tahun.

Opa Giacomo Agostini gaspoll

Belakangan, Jorge Lorenzo yang merupakan rival sengit Valentino Rossi pada tahun 2010, 2015-2016 di Yamaha itu, turut angkat bicara terkait perbandingan dua pembalap legenda tersebut. “Agostini dan Rossi memiliki gelar terbanyak di kategori paling hebat, tapi jujur saya tidak pernah melihat Agostini, dan dia berada di tempo lama,” sang juara dunia 5 kali itu.

Tentu saja bukan berarti Jorge Lorenzo menganggap remeh Agostini karena perbedaan jaman. “Namun kita tidak buta, dan saat itu seseorang bisa menang pada dua kategori di hari dan tahun yang sama. Berbeda dengan saat ini, untuk menyiapkan diri dengan satu motor saja kita butuh berbulan – bulan penyesuaian dan riset yang mahal,” lanjut Jorge Lorenzo.

Namun diluar masalah teknis, “saya lebih memilih Rossi dari sudut kepribadian. Rossi adalah Maradona-nya MotoGP. Walau kami sempat memiliki hubungan gontokgontokan, namun tidak bisa dipungkiri ia sangat baik di luar dan dalam lapangan,” puji Jorge Lorenzo kepada Rossi.

Berbeda dengan Marc Marquez atau Messi, menurutnya orang – orang kayak Rossi dan Maradona jarang ditemukan. “Marquez mungkin masih bisa memenangkan banyak gelar, namun kepribadian karismatik Maradona atau Rossi tidak jarang ditemukan dan menurut saya itu adalah nilai plus dari Rossi,” tutup Jorge Lorenzo yang menjadi sangat bersahabat dengan Rossi.

MM

BACA JUGA

MotoGP: Agostini Sebut Rossi Bisa Saja Kalahkan Dirinya Di Honda! Ke Yamaha, Buang Umur!