MotoGP: Fungsi Desain Baru Asupan Udara KTM Terungkap, Ternyata Bukan Untuk Mesin!

Maniakmotor – Pada uji coba Jerez yang dilaksanakan pada November lalu itu, KTM melakukan penelitian pada asupan udara baru untuk KTM RC16-nya. Seperti yang lubang, di bagian depan motor yang seperti mulut itu berguna untuk memasukan udara kedalamnya.

Nah, udara bersih itu biasanya akan dipakai untuk mendinginkan radiator, serta jadi asupan oksigen untuk throttle body. Itu biasanya ya! Dan berbeda dengan desain asupan udara KTM yang saat ini.

Ada yang memisahkan bagian dalam dan luar moncong

Karena kalau kita lihat sendiri, desain asupan udara KTM yang terbaru seperti terpisah. Ada moncong bagian dalam, dan ada sedikit celah antara moncong bagian dalam itu kepada fairing depan utama motor.

Nah ternyata celah itu memiliki jalur lain untuk menghisap udara kepada komponen – komponen lainnya. Yang pertama adalah untuk mendinginkan ecu motor yang tidak tahan suhu tinggi dari mesin MotoGP. Tapi fungsi ini bisa saja sudah ada di dalam motor Raul Fernandez yang memiliki tipe lebih tua.

Anehnya lagi bro, saluran asupan udara ini terbelah dua untuk mengalir ke dalam saluran sisi kanan fairing, hingga kepada kaki kanan pengemudi. Dimana pasa kenyataanya, memang banyak pilot mesin V4 yang mendapatkan luka bakar di kaki. Dan untuk menyiasati hal tersebut, disini KTM mencoba memberikan AC alami untuk kaki para pembalap.

Asupan Angin ke kaki

Tentu saja sampai saat ini belum ada informasi apa – apa dari orang KTM. Dan setelah ditanyakan kepada beberapa pekerja KTM MotoGP, seperti Gunther, Otto, dan Helmut, sudah ada konfirmasi bahwa asupan udara perifer ini tidak memiliki hubungan dengan mesin motor.

Yang penting adem dulu! Hehe, Raider

BACA JUGA

MotoGP: 2 Minggu Menuju Sepang, Remy Gardner Malah Operasi Karena Jatuh di Motocross!