MotoGP: Infeksi Lengan Marc Marquez Sampai Sum-Sum Tulang? Itu Bahaya..!

ManiakMotor – Ini tinjauan operasi cidera ke-3 Marc Márquez. Lalu diberitakan ada infeksi bawaan. Itu dicurugai si Marc menderita osteomielitis atau peradangan kronis pada sumsum tulang? Konsekuensi menghancurkan alias bisa lama penyembuhannya, itu kalau sembuh dengan normal.

Bagi tinjauan speedweek.com berbulan-bulan cidera sejak Jerez pertama dan jadi parah saat dipaksakan pada Jerez 2. Makanya Repsol-Honda dan Honda Racing Corporation menyembunyikan kondisi si Marc sebenarnya. Malah Oktober diumumkan pemulihan ada kemajuan.

Tetapi saat ini dengan fakta operasi ketiga pada Kamis 3 Desember 2020, bagi  pengamat medis patah tulang lengan pada 19 Juli ada yang salah. Bahkan operasi ketiga ini berusaha dirahasiakan, hanya terbongkar saat orang tua Marquez membawa koper pada troli di Rumah Sakit Ruber Internacional di Madrid. Baru deh HRC terus terang soal operasi itu.

Kian benderang sebab mnajer Marc Márquez Emilio Alzamora marah besar ketika si Marc ikut balap di Jeez 2. Dia sama sekali nggak setuju baru empat hari pasca operasi sudah harus balap. Dia maunya perawatan tuntas dulu. Belakagan si  Alzamora berselisih dengan  Dr Xavier Mir yang dianggap biang kerok.

Balik lagi pada infeksi yang diumumkan Honda pada Sabtu malam (5/12-2020). Infeksi ditemukan pada area puing-puing bekas operasi sebelumnya. Tim dokter melaporkan infeksi tersebut membuat peradangan yang menyakitkan, lantaran kelebihan beban karena digunakan lebih awal pasca operasi pertama. Spekulasinya disebabkan operasi kedua kedua pada 3 Agustus oleh Dr. Xavier Mir yang pada tulisan sebelumnya disebut nggak terlibat operasi kedua, tulisan sebelumnya keliru. Marc dengan infeksi tersebut harus dirawat dengan terapi antibiotik khusus.

Diagnosis yang mengejutkan ini menjelaskan mengapa si Marc tidak pernah bisa mengendarai motor sejak operasi kedua. Bahkan harus mengakhiri pelatihan sepeda balapnya pada musim gugur setelah upaya tentatif pertama. Berarti makin jelas analisa, karena ada pengecilan otot di area bahu kanan.

Lalu, apa arti infeksi pada pemulihan si Marc. Saat ini belum jelas betul, apakah itu pasti osteomielitis (OM)? OM ini peradangan tulang dan sumsum yang akut atau kronis. Kedua komponen biasanya terpengaruh oleh nfeksi. Sering kali, OM disebabkan oleh peradangan bakteri. “Ini tidak terlihat bagus. Sama sekali tidak bagus,” demikian penilaian seorang dokter usai siaran pers terbaru dari Honda yang diteruskan speedweek.

Pokoknya penjelasannya istilah dokter bangat. OM disebabkan eksogen berkembang pasca-trauma atau pasca operasi. Itu lewat kontaminasi jaringan tulang melalui kulit pasien dengan berbagai patogen. Kuman dari rumah sakit juga bisa saja. Pokoknya begitu deh.

Para dokter setujum  tergantung pada penyebab pemicunya. Biasanya memakan waktu yang panjang. Karena ahli bedah harus mengangkat osteonekrosis dan mengasingkan bagian tulang dan memotong fistula. Lalu, upaya ini diikuti memasukkan rantai antibiotik yang dapat diserap untuk menghentikan kolonisasi bakteri .

Seperti tadi, Marc membutuhkan terapi antibiotik intravena intensif. Itu dapat berlangsung mingguan hingga bulan dan menyebabkan efek samping yang parah. Terapi oksigen hiperbarik dapat diresepkan sebagai suplemen. Bahkan terburuknya bila terapi anti biotik nggak mempan, kasus terburuknya amputasi, ngeri.

Makanya spekulasi muncul, apakah Andrea Dovizioso yang lagi kosong akan bergabung dengan Repsol Honda pada 2021. Dovi sempat dengan Honda dari 2009 hingga 2011. Miolo

BACA JUGA

MotoGP: Operasi Ketiga Marc Marquez Ada Infeksi, Penyembuhan Lebih Lama..!

MotoGP 2020: Marc Marquez Jalani Operasi Ke-3, Cangkok Tulang, Pertaruhkan Karier..!

MotoGP: Karir Marc Marquez Dirusak Dr. Xavier Cs, Kenyataan Operasi Ketiga, Parah..!

Jelang MotoGP Valencia-2 2020: Marc Marquez Bahkan Absen 2021, Butuh Cangkok Tulang..!