MotoGP: Joan Mir Mau Tinggal, Jika Suzuki Berkembang!! GSX-RR 2021 Tidak Bisa di Depan!!

Maniakmotor – Suzuki mau menyimpan kedua pembalap MotoGP saat ini, namun Joan Mir selaku mantan juara dunia 2020 itu juga harus melihat ‘hal yang sama’ pada Suzuki untuk memperpanjang kontrak lebih dari 2022. Pasalnya, walaupun Joan Mir finish di posisi ke-3 pada kejuaraan dunia tahun ini doski tidak pernah memimpin ‘satu putaran pun’ ketika race.

Berbanding terbalik dengan juara dunia, dan posisi runner up Fabio Quartararo dan Bagnaia. Quartararo bisa memimpin sebanyak 99 lap sementara Bagnaia memimpin 150 putaran. Sementara Mir, bahkan kalah dengan teman setimnya dalam hal ini. Alex Rins bisa memimpin perlombaan sebanyak 5 putaran tahun ini, kendati finish di urutan ke-11 kejuaraan dunia.

Kualifikasi yang sangat buruk untuk GSX-RR sepanjang tahun ini membuat perbadaan yang sangat besar dibanding saingan mereka. Joan Mir secara terbuka mengecewakan tingkat pembaruan teknis GSX-RR musim ini. Karena menurutnya pengembangan ini penting bukan hanya bila ingin kembali juara dunia, namun jika ingin Mir tetap setia di Suzuki!

“Mudahnya, saya telah membawa motor yang sama pada tahun 2020, dan saya jauh lebih cepat tahun lalu.” Tukas Mir dengan kecewa. “Yang lain telah meningkat, dan saya tidak bisa berada di posisi yang saya inginkan.” Tambah dirinya dengan kesal.

Bila dilihat dari statistik, pada tahun 2020 Joan Mir bisa memimpin sebanyak 11 lap. Ditambah Alex Rin yang memimpin perlombaan sebanyak 31 lap. Tahun lalu Mir juga mendapatkan kemenangan pertamanya dan menjadi kemenangan satu – satunya hingga saat ini di Valencia.

“Penting untuk melihat dan menyocokan pasar (pabrikan lainnya).” Kata Mir kepada Marca.com. Ketika ditanya apakah ia akan tinggal bersama Suzuki, “Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan. Tapi saaya akan terus melihat Suzuki. Jika mereka menginginkan dan melakukan hal yang sama dengan apa yang saya lakukan, maka saya pasti akan bertahan.” Tutup Mir dengan teguh.

Dengan kata lain, GSX-RR tahun depan, harus cukup cepat agar Mir setidaknya bisa memimpin balapan.

Raider

BAGIKAN