MotoGP: Kapan Mesin Bakar Akan Dianggap Kuno? Lin Jarvis Beri Pencerahan!

Maniakmotor – Saat ini  pabrik otomotif sudah mulai mencoba teknologi listrik yang ramah lingkungan. Dan beberapa pabrik otomotif belakangan ini bahkan sudah mengumumkan kapan akan beralih kepada listrik. Misalnya Audi yang berencana akan full elektrik pada tahun 2033.

CEO KTM, Stefan Pierer sendiri meyakini bahwa teknologi otomotif listrik roda dua hanya akan berlaku di segmen jarak pendek. Pasalnya baterai yang dibawa berbobot terlalu berat, mencapai 100 kilogram, tetapi itu hanya cukup untuk 20 – 30 km.

Namun, pembicaraan diatas lebih sentral kepada otomotif secara standard. Nah, Lin Jarvis sebagai salah satu petinggi Asosiasi MSMA, memiliki komentar sekaligus prediksinya pada penggunaan mesin elektrik di MotoGP, hingga nanti menggantikan mesin bakar 4 langkah seperti yang dipakai saat ini.

Menurutnya, mesin bakar tidak akan tergantikan sampai setidaknya beberapa tahun mendatang. “Tepatnya 5 tahun, dimana enam pabrikan MotoGP telah menandatangani kontrak sampai 2026 mendatang,” pungkas Jarvis.

Namun Jarvis sendiri selaku pengembang dari Yamaha “masih” lebih memihak pada mesin bakar. “Karena Industri motor tidak sama seperti industri mobil. Terlalu banyak masalah yang harus dihadapi, mulai dari baterai, berat, biaya, dan banyak alasan lainnya. Itu sebabnya jumlah sepeda motor listrik dapat dihitung jari di jalanan, ketimbang mobil listrik,” tambah Jarvis.

Bukan berarti industri motor tidak peduli lingkungan, “bahkan sebenarnya, Yamaha sendiri memutuskan untuk mengurangi emisi CO2 paa tahun 2050. Kami punya rencana untuk beberapa dekade kedepan, namun harus perlahan dan itu tidak bisa dengan cepat.” lanjut Jarvis.

Yang pasti, di MotoGP, teknologi yang dipakai akan tetap disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. “Karena kami balapan disini juga untuk memasarkan penjualan produk kami. Pastinya ketika mesin MotoGP sudah jadi elektrik, maka demikian untuk mayoritas konsumen kami,” tutup Jarvis memperjelas masa depan.

Clear, bahwa intinya mesin bakar akan digunakan hingga 5 tahun kedepan. Dan “kalau” belum ada perkembangan teknologi dalam elektrik, maka bisa lebih dari itu.

Raider

BACA JUGA

Hasil Dakar Hari Ke-6: Danilo Petrucci Jadi Pemenang!!! Ternyata Tobey Price Kena Penalty!

MotoGP: Fabio Quartararo Tidak Pernah Peduli Masalah Vinales vs Yamaha!!!