MotoGP: KTM Akui Pontang – Panting Tanpa Jatah Konsesi!

Maniakmotor – 2021 tentu lebih buruk dari pada tahun 2020 buat KTM. Dimana tahun sebelumnya mereka bisa dapat 8 podium dengan performa yang konsisten. Sementara di 2021 hanya juara dua kali, lewat Oliveira di Calatunya dan Binder di Austria. Namun justru dengan pasang surut yang lebih banyak surutnya.

Tentu faktor paling besar menurunnya performa KTM adalah jatah konsesi yang hilang, “kami tahu bahwa 2021 lalu akan menjadi spesial. Terutama karena kami kehilangan jatah konsesi,” tukas Sebastian Risse, manajer pengembangan teknis KTM MotoGP.

Sebastian Risse

Beda saat masih memiliki hak konsesi, sekarang mereka harus memiliki jadwal uji coba yang lebih sedikit layaknya tim – tim pabrikan yang sudah berpengalaman. “Dulu saat punya konsesi, kami memiliki waktu yang jauh lebih panjang, sementara sekarang kami hanya fokus pada hal – hal yang jelas di regulasi dan tentunya diizinkan untuk dirubah. Sampai sekarang kami tetap bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan situasi,” tambah Risse sekaligus curhat.

Dalam pengembangan motor sendiri, mereka selalu mencoba untuk memahami motor secara detail. “Kami juga sering memberikan ban yang berbeda pada masing – masing pembalap di setiap balapan. Namun masih ‘jauh’, apalagi  ketimbang waktu memiliki konsesi,” jelas Risse.

Meskipun lebih sulit dan menantang, namun mereka juga menemukan sesuatu yang baik di tahun 2021, “yaitu sasis baru yang bahkan bisa mengantarkan Oliveira naik podium di Catalunya. Untungnya berhasil dan kami tetap dapat mengelola ban,” lanjut Risse sambil mengingat – ngingat.

Sayangnya pada akhir tahun performanya kembali melempem, dan sekarang mereka udah harus bersiap untuk 2022. “Kami tidak punya banyak waktu, kami telah mengerjakan pengembangan dan juga beberapa konsep baru. Tapi masih terlalu dini untuk membocorkan apa yang akan kami gunakan tahun depan,” pungkas Risse yang terlihat masih berkutat sama situasi ‘tanpa konsesi’ tersebut.

 kira – kira apakah para rookie akan tampil kompetitif? MM

BACA JUGA

BAGIKAN