MotoGP Le Mans 2020: Rossi, Jadwal Oktober Kurang Pas, Dipengaruhi High Side Marini-kah?

ManiakMotor – Kondisi lintasan Le Mans, Prancis pada Jumat 9 Oktober 2020 saat FP1 dan FP2 memang kurang nyaman. FP1 hujan dan seluruh lintasan basah, seragam pakai ban basah. Lalu FP2 antara kering dan basah, boleh menggunakan ban slick, kalau pakai ban hujan pasti kalah catatan waktu dan sebagainya.

Saya suka trek Le Mans. Namun jadwal pada bulan Oktober sangat berisiko. Menurut saya waktunya tidak tepat. Coba lihat saja, selama latihan bebas Jumat semua kelas banyak pembalap terpeleset dan jatuh. Itu lantaran kondisi lintasan antara basah dan kering,” terang Rossi yang adiknya Luca Marini di Moto2 di FP2 high side keras dan ditandu ke rumah sakit.

Jadwal berubah karena kondisi Covid-19. Biasanya Le Mans selalu bulan Mei saat musim panas. Sedang Oktober di bagian utara Prancis di mana Le Mans berada adalah musim gugur, semua tumbuhan berguguran, layu, hehe. Maksudnya saat itu suhu dingin, berangin dan hujan lebat.

“Makanya hari pertama sangat berat. Kondisi lintasan sulit. Aspalnya setengah basah dan setengah kering, namun di saat sama suhunya sangat dingin. FP1 harus pakai ban hujan. FP2 sore kondisinya bervariasi dan menggunakan ban slick. Harus kencang agar seimbang, tetapi dingin dan di trek ada bercak basah. Itu yang berbahaya, ban tiba-tiba hilang grip,” jelas Rossi yang ketika di FP2 suhu sekitar 15ºC dan lintasan 16ºC.

Artinya, suhu aspal lambat menyerap sisa-sisa air hujang dan ban tidak akan panas ideal untuk bersenyawa dengan lintasan. “Tapi saya cukup cepat. Sebenarnya lap time terakhir di FP2 ke-5 tapi dibatalkan karena tetap kencang ketika ada bendera kuning,” jelas Rossi yang ke-12 di FP2 dengan catatan 1’35.767 dan FP1 yang basah ke-8 dengan 1’44.511. Raider

BACA JUGA

Hasil MotoGP LeMans, Prancis 9 – 11 Oktober 2020 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

FP2 Moto2 Le Mans 2020: Luca Marini High-Side Besar, Dixon Tercepat..!

FP2 MotoGP Le Mans 2020: Miller Tercepat, Vinales Menyusul, Lintasan Mulai Kering..!

FP1 MotoGP Le Mans 2020: Aprilia Bradley Smith Tercepat, Dibayangi Pembalap Tuan Rumah..!