MotoGP: Marc Marquez Terancam Absen Lama Lagi, Plan B Bradl, Plan C Lecuona?

Maniakmotor – Syukur – syukur bila Marc Marquez bisa hadir sebelum pertengahan musim MotoGP 2022, yang akan dimulai dari akhir Januari ini. Yang ditakutkan adalah, bila ia tidak hadir hingga lebih dari pertengahan musim, sampai liburan musim panas. Carlo Pernat sendiri memprediksi 99%, Marc Marquez akan absen dibeberapa seri awal.

Lantas, pertanyaan terbesar buat Honda saat ini adalah plan B atau C dalam mengantisipasi kesehatan Marc Marquez. Pasalnya diplopia itu penyakit yang lama sembuh. Berbeda sama sakit otot lengan atau kaki yang masih bisa dipaksakan, penglihatan ini tidak akan bisa dipaksakan, dan kalau dipaksa akan membahayakan diri sendiri dan pembalap lain.

Rencana terdekat alias plan B Honda, pasti kepada pembalap penguji coba berumur 32 tahun, Stefan Bradl. “Kalau saya sendiri semakin mengenal isi tim Repsol dengan baik. Misalnya manajer tim Marc, Santi Hernandez yang sering memberikan saya berbagai informasi dan arahan dalam akhir pekan perlombaan,” tukas Bradl.

Namun secara realistis, 32 tahun adalah umur yang tidak muda. “Dan saya mengerti akan hal itu, sehingga saya tidak ingin memberi tekanan yang besar pada diri sendiri. Pada dasarnya saya tidak seusia itu lagi,” lanjut Bradl sadar usia, hehe.

Yang pasti Bradl hanya ingin menunjukkan penampilan terbaiknya untuk memberikan data lebih banyak pada Honda. “Tuntutan tetap ada, namun berbeda dengan lima – tujuh tahun lalu,” tutup Bradl.

Disaat Plan B ada masalah dengan usia, Plan C justru sangat menguntungkan dalam hal usia. Lecuona yang berumur 21 tahun itu, diindikasikan dapat menggantikan Marc Marquez untuk musim berikutnya. Karena saat ini doski sedang sibuk membantu Honda di WSBK dengan dua tahun pengalaman MotoGP-nya di KTM Tech 3.

Pastinya, cerita ini akan bersambung… MM

BACA JUGA