MotoGP: Meregali, Aneh Vinales Kencang FP Dan Kualifikasi, Balapan Keok Mulu..!

ManiakMotor – Di MotoGP 2020 si Maverick Vinales hanya kencang di balapan sendiri-sendiri. Maksudnya hanya kencang saat sesi latihan bebas atau free practice FP. Bahkan sampai kualifikasi kearap pecahin rekor dan pole position. Namun saat balapan kecepatan M1 dengan dirinya seperti hilang begitu saja.

Yang bicara macam itu adalah Masismo Meregalli si direktur tim Yamaha MotoGP. “Memang benar begitu. Awalnya dia bagus, tapi ketika race semuanya hilang darinya. Nah itu bagian  dari keseluruhan tidak konsistennya Yamaha pada 2020,” kata Meregalli dalam evaluasi timnya pada 2020.

Itu yang bicara adalah orang tertinggi di tim Yamaha. Tapi, kalau pandangan umum beda lagi, mental Vinales malah nggak kuat. Buktinya saat tidak ada tekanan – maksudnya balapan sendiri-sendiri seperti di sesi FP dan kualifikasi cepat – namun saat race berhadapan langsung dengan lawan, dia lemah.

Makin nyata ketika semua seolah memaklumi bahwa M1 2020 hanya bagus di beberapa tipe sirkuit dan kurang di sirkkuit tertentu, apalagi dengan grip-nya. Vinales seperti pasrah. Makanya di awal paruh pertama 2020 berada di posisi kedua klasemen, eh terus melorot dan hanya finish ke-6 di klasemen. Kalah dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaya) yang hanya pakai M1 a-Spec bermesin 2019.

“Dari perjalanan tersebut, sekali lagi Yamaha memang tidak konsisten! Sebelum MotoGP 2020 dimulai, target Yamaha berjuang untuk juara dunia. Tetapi banyak faktor yang muncul dan tidak memungkinkan untuk dibenahi pada misim yang dipersingkat dan padat,” terang Meregalli lagi sambil bilang di sisi lain Yamaha termasuk kuat dalam setahun 2020 bisa menang 7 kali, cuma karena nggak konstan juara dunia pembalap jatuh pada joki merek lain.

Ia juga menyesalkan kekeliriruan awal soal klep atau katup yang merontokan point mereka di kejuaraan konstruktor. Klep yang dipakai sama saja, cuma nggak dihomologasi karena dari pemasok yang berbeda merek. Raider

BACA JUGA

Akhir 2020 Badan Amal MotoGP Lelang Peralatan Balap Rossi Cs, Ada Tanda Tangan..!

Corak Ducati SKY-VR46 Luca Marini Di MotoGP 2021, Rossi Bangat..!

MotoGP: Marc Marquez Menanti Operasi Ke-4, Kian Kusut Tuh Saraf Lengan..!

MotoGP 2021 Morbidelli Wajib Lebih Segalanya Dari Rossi, Gurunya..!

BAGIKAN