MotoGP: Oliveira Kritik KTM! Filosofi Motor Baru Malah Keliru!

Maniakmotor – Setelah 5 hari menguji coba motor barunya di Sepang (Shekdown test – official test). Satu hal penting yang dapat diketahui KTM adalah motornya tidak memiliki potensi yang baik untuk bertarung di kejuaraan MotoGP tahun ini. Itu terbukti dan semakin terasa saat pembalap utamanya, Miguel Oliveira dan Brad Binder menaiki motor itu.

Miguel Oliveira sejujurnya tidak mempermasalahkan bila KTM temukan sesuatu untuk mengupdate motornya. “Karena kami ingin tingkatkan set-up alias settingan  motor. Dan saat ini, kami masih memiliki banyak ruang untuk melakukan peningkatan tersebut,” tegas Miguel Oliveira.

Akan tetapi, pembaharuan motor hingga saat ini tidak benar, “bahkan saya bisa bilang salah dalam filosofi. Karena, tidak ada gunanya menggunakan part – part baru sebanyak mungkin, namun justru jadi pelan 2 hingga 3 detik. Apa yang harus kami mengerti, adalah memaksimalkan apa yang kami miliki sebelumnya, bukan membuang part – part lama kami,” tambah Oliveira dengan memperingatkan KTM.

Menurutnya lebih baik untuk memiliki peningkatan dengan pembaharuan kecil, “sama seperti di tahun 2021 dimana kami tetap memakai apa yang kami miliki di tahun 2020. Saya hanya harap ketua pembaharuan motor KTM yang baru (Fabiano Sterlacchini), membidik ke arah yang baik untuk KTM,” lanjut Oliveira dengan harapan tinggi.

Apa yang paling galau buat Oliveira adalah grip ban, “terutama di tikungan pelan saat kelengketan atau friksi antara ban dengan aspal benar – benar diuji, dan suatu kondisi dimana ban akan selip alias meleset lebih mudah terjadi. Dan saya harap, kami bisa menemukan grip tersebut sebelum seri Qatar 1 bulan mendatang,” tutup Oliveira.

MM

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Sepang 2022: Enea Bastianini Pecahkan Rekor Sirkuit Sepang!