nhk

MotoGP: Pertama Alami Kali Flag-To-Flag Race Atau Perubahan Cuaca, Joan Mir Ceritakan Kegilaan dan Ketegangannya!

Maniakmotor – Sang juara dunia 2020, Joan Mir yang dari tim Suzuki Ecstar itu berhasil menyelesaikan balapan flag-to-flag race pertamanya pada posisi ke-4. Maksud flag-to-flag race ini, adalah balapan dengan perubahan cuaca di tengah perlombaan. Yang terjadi pada akhir perlombaan MotoGP Austria-2, Minggu 15, Agustus 2021 lalu.

Pada awal perlombaan di kondisi kering, Joan Mir mengalami kesusahan untuk mendapatkan kecepatan konstan. Namun saat mulai grimis, Joan Mir dapat mengejar lima pembalap yang memimpin perlombaan saat itu. Doski sendiri juga ikut masuk kedalam pit ketika ia lihat Marc dan kawan-kawan masuk pit.

Namun ternyata, banyak pembalap yang bertaruh dengan ban slick meskipun hujan semakin deras, seperti Brad Binder yang menjadi juara, serta Rossi yang sempat berada di posisi podium. Joan Mir yang memasuki pit pun sempat tercecer di posisi ke-13.

Dengan buru-buru, Joan Mir di belakang Jorge Martin dan Bagnaia terus mencoba mengejar pembalap-pembalap dengan ban slick itu yang tidak bisa melaju dengan kencang. Beruntung Joan Mir masih dapat mengejar mereka pada tiga tikungan sebelum garis finish, menempatkannya pada posisi ke-empat.

Joan Mir menceritakan, bahwa pengalaman ini sangat ‘gila’ dan benar-benar menegangkan. “Perlombaan kemarin bener-bener seru dan gila, dimana saya memang sudah memikirkan kapan harus mengganti ban. Namun akhirnya saya masuk kedalam pit, setelah melihat pembalap-pembalap di depan saya juga masuk kedalam pit.” Cerita Mir.

Ia sendiri juga sempat memikirkan untuk tidak masuk kedalam pit. “Namun saya mensyukuri dengan pilihan saya itu. Karena akhirnya sirkuit benar-benar basah, dan kalau saya pakai ban slick, mungkin saya tidak finish hari minggu itu.” Tambah Joan Mir.

Joan Mir juga menceritakan lucunya lap terakhir race itu. “Benar-benar tidak ada yang tahu sedang berada di posisi berapa pada lap terakhir. Terutama saat bertemu dengan banyak sekali pembalap di sirkuit, saya baru tahu berada di posisi ke empat ketika melewati garis finish. Benar-benar lucu sekaligus menakutkan pada saat di alami saat itu juga.” Tutur Joan mir sambil tersenyum dan tertawa sedikit.

Joan Mir juga mengaku akan terus belajar dari race itu. “Awalnya saya rasa bisa mendapatkan podium lagi dengan ban kering pada kondisi basah itu. Namun pada akhirnya saya bersyukur bisa mendapatkan posisi ke-empat pada dan membawa poin yang berharga dari seri itu.” Tutup Joan Mir.

Raider

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353