MotoGP: Rossi Pensiun, Marquez ‘Istirahat’, Siapa Wajah Baru MotoGP 2022!

Maniakmotor – Beberapa jam lagi dari sekarang, kalender 2021 akan ditutup dan akan berganti kepada tahun 2022. Juara dunia MotoGP tahun 2021 pastinya sudah ditentukan kepada Fabio Quartararo. Namun tahun 2021 menjadi tahun yang menyedihkan, dimana bintang MotoGP yang paling besar, Valentino Rossi pensiun.

Bila kosa kata “MotoGP” disebut, orang pasti akan teringat dengan Rossi. Tahun 2022 MotoGP harus mencari wajah baru yang bisa setidaknya teringat oleh orang – orang. Yang pasti bukan Marc Marquez dulu, karena ia sedang dalam masa ‘hiatus’ untuk memulihkan cederanya.

Lantas kita harus melihat pembalap – pembalap muda saat ini, misalnya Quartararo yang memegang juara dunia pada tahun 2021. Ia memenangkan gelar dengan menguasai 3/4 musim 2021 ini. Berbeda dengan Joan Mir, juara dunia 2020, sebagai tipe pembalap ‘konsisten’ yang jarang menunjukan batang hidungnya di urutan pertama.

Fabio Quartararo, (Juara Dunia 2021)

Namun nyatanya, pada tahun 2021 ini, bukan Quartararo dan Joan Mir yang paling sering juara. Justru Bagnaia, runner up kejuaraan dunia tahun ini, doski mendapatkan 5 podium dengan 4 kemenangan. Namun Bagnaia masih kesulitan dalam hal konsistensi, terutama bila kita tengok awal musim di sirkuit yang ‘bukan sirkuit Ducati’.

Bagnaia (Runner Up 2021)

Quartararo, Mir, Bagnaia adalah tiga favorit resmi untuk menjadi wajah MotoGP tahun 2022. Ketiga pembalap ini yang juga mendapatkan penghargaan FIM Awards, sebagai pembalap di urutan pertama, kedua dan ketiga kejuaraan dunia tahun ini.

Meskipun begitu, ketiga pembalap tersebut merupakan generasi yang sikit senior untuk saat ini. Dan generasi muda MotoGP juga sudah mulai hadir, misalnya Jorge Martin, Enea Bastianini, bahkan untuk tahun 2022 ada Remy Gardner, Raul Fernandez yang akan mencoba unjuk gigi.

Remy Gardner, juara dunia Moto2 2021

Eits, tapi jangan lupa ada pembalap – pembalap yang juga mau ‘menebus’ kesalahan. Misalnya Morbidelli yang tidak sempat banyak ‘berbicara’. Atau pembalap paling senior kita, Andrea Dovisiozo yang satu tahun hiatus tidak memegang motor.

Dovisiozo dengan tim barunya, Yamaha RNF 2022

Intinya, walau kehilangan sosok Valentino Rossi, namun banyak sosok – sosok menarik lainnya yang terus bermunculan. Itu bagus buat MotoGP dan tentunya untuk kita yang nonton, hehe.

Pensiun 1 muncul 1000? Eh, kalau menurut bro dan sister siapa? Raider

Dikutip dari GPOne.com

BACA JUGA