MotoGP: Stoner Harap Mental dan Psikis Marc Marquez Juga Pulih!

Maniakmotor – Sebagai mantan pembalap Honda yang pensiun pada akhir 2012, Casey Stoner yang digantikan Marc Marquez itu turut memberikan cuitan pada kasus cedera yang dialami Marc Marquez. Mulai dari lengan kanan di tulang humerus-nya, hingga diplopia yang katanya akan sembuh dengan sendiri.

Stoner sendiri juga mengaku sering cedera dan kecelakaan. Namun ia lebih sering kembali ke motor pada sesi atau seri selanjutnya. Berbeda dengan Marc Marquez yang belakangan ini menderita cedera yang parah hingga beberapa seri.

Bukan berarti cedera itu buruk, “karena cedera adalah bagian paralel yang selalu hadir saat balapan. Kita membuat kesalahan saat berada di batas maksimal motor, dan kecepatan yang sangat tinggi. Kalau salah, artinya kita hanya perlu mengkoreksi sedikit,” tukas Stoner yang juga gila – gilaan dalam mencari waktu tercepat.

Stoner High Side saat di Honda

Banyak yang akan terpengaruh saat seorang pembalap tidak membawa motornya, “yang pasti, memori otot akan melemah saat tidak digunakan. Saya sendiri pernah merasakan, jangankan MotoGP, bahkan membawa Superbike-pun akan sulit,” jelas Stoner yang balap MotoGP dari era Valentino Rossi itu.

Namun yang lebih parah, bukanlah cedera fisik yang masih bisa dilatih. “Saya khawatir bila Marc memiliki rasa takut untuk terluka seperti itu lagi saat membawa motor. Mustahil membayangkan apa yang akan dilalui Marc bila itu terjadi. Pastinya kecepatan akan menurun, karena otak akan mengatur badan dengan sendiri untuk menutup gas,” lanjut Stoner dengan prihatin.

Tentu saja ini masih belum terlihat di musim MotoGP saat ini, bahkan Marc Marquez dapat juara, yang artinya ‘mental juara’ masih ada disana. “Pesan dari saya untuk para pembalap adalah untuk menghindari ‘roller coaster‘ emosi. Karena untuk kembali ke puncak mental akan mendaki,” tutup Stoner mengingatkan yang lain.

MM

BACA JUGA