MotoGP Sudah Mantap Dibeli Pemilik F1 Seharga 60 Trilian Rupiah, Akan Rugi atau Makin Untung Nih? Ini Kata CEO Dorna!

Maniakmotor.com — Telah genap 18 tahun, MotoGP sebagai ajang Motorsport paling bergengsi dipegang sebagian besar sahamnya oleh perusahaan swasta, Bridgepoint. Mereka menguasai hampir 40% dari kepemilikan saham MotoGP, ya meski sedikit lebih kecil dibandingkan dengan pemegang saham lainnya, Badan Investasi Canada atau CPPIB.

Wacana dijualnya MotoGP oleh Bridgepoint kepada sang pemilik F1, Liberty Media, sudah enggak sekedar jadi rahasia umum saja. Melansir dari laporan Sky News, perusahaan media raksasa Amerika ini akan membeli saham Dorna dengan nilai cukup wah, yakni diperkirakan seharga £3,4 miliar atau setara dengan 58,17 triliun rupiah. Agak melesat dari harga yang “katanya” juga ditawarkan pesaing lain yakni sebesar £4 miliar (68,4 triliun rupiah).

Bridgepoint sendiri sebelumnya membeli MotoGP sejak tahun 2006, dari CVC Partners, usai CVC Partners membeli F1. Lalu, di tahun 2017, F1 dijual ke Liberty Media seharga 8 miliar dollar (126 trilian rupiah). 

Bila memang, Bridgepoint akan final deal dengan Liberty Media, maka kita dapat melihat kedua ajang balap terbesar yakni F1 maupun MotoGP berada dalam satu naungan. Bak mengulang sejarah lama yang pernah dilakukan oleh CVC Partners dahulu. Akan jadi seperti apa ya bro?

Sementara itu, CEO Dorna, Camelo Ezpeleta, sejak rumor jual beli ini beredar tak pernah sekalipun menolak kebenarannya. Justru, dpi semakin memvalidasi asumsi publik yang beredar. Seperti dikutip dari wawancara doi dengan Crash (Selasa, 5 Maret 2024),

“Pemegang saham mayoritas Dorna adalah dana investasi, yang membeli sesuatu untuk dijual. Kami selalu dijual, sejak hari pertama. Kami telah bersama Bridgepoint sejak tahun 2006 dan CPP sejak tahun 2013,” tegas doi.

“Selalu ada pendekatan dan segalanya. Maka saat ini pun atau nanti bila memang jadi (dijual), kondisi kita tetap sama saja.” tutup Ezpeleta semakin jelas.

Yap, namanya juga ajang olahraga sekaligus hiburan yang memang hakikatnya selalu dikomersialkan. Jual beli adalah hal yang lumrah. Tapi, apakah akan lain cerita kalau ini juga soal monopoli? Mengingat Liberty Media, sang calon pembeli paling memungkinkan dari saham MotoGP ini adalah juga pemilik F1. Hmm, markimak, mari kita simak kelanjutan segala kemungkinan jual beli ini ya bro.

-Diva-