nhk

MotoGP: Walau Sempat Slek, Forcada Lebih Suka Orang Seperti Vinales, “Punya Pendirian”!

Maniakmotor – Jarang – jarang ada teknisi yang bisa terkenal di paddock MotoGP. Bila ada, hanya segelintir orang dan salah satunya adalah Ramon Forcada. Doski bekerja dengan berbagai pembalap ngetop, seperti Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Franco Morbidelli. Dan tentunya, Maverick Vinales yang meninggalkannya di Yamaha untuk pergi ke Aprilia.

Sebenarnya sempat ada ‘slek‘ alias masalah di antara Forcada dan Vinales. Terutama kerika Vinales meminta perubahan mesin yang tidak begitu diwujudkan oleh Forcada. Namun ternyata, dijutekin sampai slek itu malah menjadi bahan pujian untuk Forcada.

Dipandangan Forcada, pembalap seperti Vinales adalah sangat pantas untuk dihormati. “Saya menyukai sikap itu, saya suka orang yang punya pendirian. Tidak banyak orang yang bahkan bisa mengatakan kesal, sementara Vinales mampu mengatakannya sampai pindah tim,” puji Forcada kepada Vinales.

Menurutnya, orang – orang seperti ini bukanlah ‘budak uang’. “Mereka berani meninggalkan uang yang banyak di meja demi menghormati diri sendiri. Sikap ini sama seperti Stoner ketika meninggalkan kontrak senilai 12 juta euro dan pensiun. Saya pikir aksi – aksi seperti ini adalah hal yang hebat,” lanjut Forcada.

Stoner saat mau pensiun

Forcada sampai segitunya memuja ‘pendirian’, karena menurutnya hal ini sangat penting dalam balapan. “Lebih baik punya keputusan dan memutuskan sesuatu, daripada diam – diam saja dan diberi tahu apa yang harus dilakukan. Vinales punya hal itu, dan sekarang dia ada di Aprilia bukan karena paksaan, namun karena dia mau. Bagi saya ini memiliki nilai tersendiri,” tutup Forcada yang menunggu performa baik dari Vinales di Aprilia.

Raider

BACA JUGA

MotoGP: Tim Yamaha RNF Resmi Didukung Telcowin! Perusahaan Apa Tuh?