MotoGP: Wow! Budget Tim RNF Bisa Beli 250 Unit Kawasaki H2 Carbon! Berapa Tuh?

Maniakmotor – Walau menjadi underdog alias kuda hitam yang dipandang sebelah mata. Eits, mamun jangan sampai salah, tim yang berada dibawah pimpinan Razlan Razali akan memasuki tahun kelimanya di MotoGP. Tentunya dengan banyak bekal pengalaman baik dan maupun kurang baik di Petronas dan sekarang menuju RNF.

Sekarang Razlan Razali harus memimpin tim baru setelah berpisah dengan Petronas dan Sepang Sircuit Management. “Dan percaya deh, membuat tim baru tidaklah menyenangkan. (Kerja lembur bagai kuda), terutama ketika tim ini baru terencana di bulan September – Oktober,” tukas sang pemilik Tim RNF yang tahun ini tetap menjadi tim satelit tunggal Yamaha MotoGP.

Enggak menyenangkan, karena memang seperti itu yang dialami di Petronas pula. “Tahun pertama adalah langkah penting untuk bisa tetap bertahan. Tahun – tahun berikutnya adalah rebranding dan membangun kembali image tim kami kepada investor dan penggemar,” jelas Razali sembari curhat.

Dan tentu salah satu hal yang menarik diketahui, adalah budget atau modal untuk menjalankan timnya tersebut. Dan seperti ekspetasi, pastinya sangat besar untuk menjalankan tim yang berpartisipasi di kejuaraan kelas dunia itu. Saking besarnya dapat membeli 250an unit Kawasaki H2 versi Carbon yang dibanderoll pada harga Rp 820 jeti rupiah.

Oke lebih tepatnya, “sekitar 13 juta euro per tahunnya. Itu tergantung spesifikasi motor yang kami pakai pula. Bila model lebih lama, mungkin bisa menghemat jadi 11 juta euro,” curhat Razali ke MotoGP.com

Menurutnya budget adalah hal yang penting, khususnya untuk memiliki image yang baik. “Presentasi kepada publik adalah hal yang tidak bisa dilupakan. Presentasi memberikan anda percaya diri, kepercayaan dan keprofesionalitasan. Sama pentingnya seperti memiliki mesin yang baik di motor,” jelas Razali yang emang jago dalam hal bisnis.

Bila tim satelit seperti RNF saja bisa segitu, maka tidak diragukan lagi tim – tim pabrikan bisa menghabiskan dana seperti apa. Bahkan untuk menggaji pembalapnya kadang sampai 3/4nya.

Mantap! MM

BACA JUGA

MotoGP: Bokap Mantan Jawara Dunia, Remy Gardner Ungkap Sisi Positif dan Negatifnya!