Motor Adventure Baru di 2024, Anti Mesin Klotok: Saudara dari Honda CB150X?

ManiakMotor.com — Selang setahun usai diperkenalkan di Pameran EICMA, Honda NX500 yang digadang sebagai pengganti dari CB500X siap menapakkan kaki di pasar India.

Motor adventure saudaranya CB150X dari Honda ini akan diterima konsumen di sekirar Februari atau Maret 2024.

Spesifikasi dari Honda NX500 mencakup mesin 471 cc berpendingin cairan, masih paralel dengan pendahulunya; CB500X yang telah terbukti gaspol.

Meski dilengkapi dengan basis dan powertrain yang tetap sama, terdapat beberapa perubahan mendasar dari Honda NX500. Itu jika bro bandingkan dengan ‘kakaknya’ secara teknis dan estetika desain.

Dari segi desain, NX500 memiliki fairing yang lebih besar sehingga semakin memberikan kesan “gagah” nan tahan banting. Motor adventure ini dilengkapi dengan windshield yang lebih besar dan desain lampu LED yang tampak lebih elegan.

Lanjut ke sisi teknis, Honda NX500 bermesin lebih halus karena menggunakan crank counterweight dan balancer shaft, artinya anti klotok kayak adiknya yang masih pakai mesin K56, hehe.

Itu lho, penyakit klotok yang sudah lama menghantui pengguna mesin K56. Dari Sonic 150R, CBR 150R, hingga CB150X, balancer crankshaftnya akrab dengan penyakit klotok bila melewati 40.000km.

Di NX500, bro udah enggak perlu takut itu terjadi. Karena selain tipe mesin baru, NX500 juga dilengkapi tambahan-tambahan perangkat elektronik.

Hal-hal tadi yang membuat motor adventure rilisan terbaru dari honda ini dinilai semakin canggih.

Spesifikasi NX500 memacu tenaga sebesar 8.600 rpm dan torsi puncak sebesar 6.500 rpm. Pun juga dipasangkan dengan transmisi 6 percepatan; kopling assist & slipper cluth.

Kenyamanan dari motor adventure rilisan Honda satu ini juga tak kalah digadang-gadang, karena dilengkapi dengan pegas dan redaman pada garpu USD Showa BP berdiameter 41 mm, serta rem cakram sebagai standar di bagian depan.

Masuk ke part yang paling dipertanyakan, perkiraan harga dari Honda NX500 di India ini sekitar 590.000 rupee atau setara dengan Rp 111 jutaan.

Jadi, dengan kesamaan dasar pun perbedaan yang ada, apakah saudara dari CB500X ini mampu bersaing pada pasar motor adventure di kelasnya? Ditunggu saja rilisan resminya dari Honda di India ya bestie!
Diva