Mulai Dari yang Inovatif Sampai Itu-Itu Aja: Ini Perubahan dan Hasil Tes Aerodinamika Motor Balap MotoGP 2024!

ManiakMotor.com — Mendang-mending, dari yang main aman hingga berani ambil resiko untuk kompetitif menjelang  MotoGP 2024. Kalau kelewatan, itu udah mulai tercium. Bahkan semerbak baunya udah kentara di tes Shakedown Sepang 2024 yang jadi pembuka.

Mulai dari Honda yang selalu jadi juru kunci dalam hal inovasi. Hingga Ducati yang jadi kiblat, lagi praktikum hasil dari inovasi mereka di Sirkuit Sepang Malaysia, 1-3 Februari 2024.

Bagaimana hasilnya? Apa saja perubahan mendasar dari inovasi aerodinamika masing-masing motor? Nih Mimin jabarin mendang-mending nya.

Aerodinamika Honda boleh bilang cukup mengejutkan. Parameternya, makin gila dan aneh, maka makin baik. Tengok ubahan yang terletak pada desain ekor dan sirip baru di bagian depan motor.

Mungkin kalau mekanik lain belum sampai sana hitung-hitungannya. Tapi insinyur Honda dari Jepang itu, mulai unjuk gigi. Coba bayangin sulitnya bisa nemu rumus sampai ada sirip pada bagian spakbor motor RC213V 2024.

“Sasisnya masih baru, begitu pula aerodinamika yang lebih luas, dan Honda dilaporkan telah mengurangi bobot motor mereka sebanyak delapan kilogram. Semua ini menghasilkan motor yang memiliki cengkeraman belakang lebih baik dan terasa lebih mudah dikendarai, dan yang terpenting lebih terasa di depan,” ungkap laporan yang dikutip  resmi dari MotoGP pada Minggu, 4 Februari 2024.

Improvisasi Honda menjelang MotoGP 2024 ini bisa dibilang ambisius. Ini mah istilah kata, try hard. Harus dong, kan udah lama jadi juru kunci. Apalagi tahu sendiri di beberapa musim belakangan ini.

Lanjut ke Aprilia, pastinya enggak boleh dilewatkan juga. Sesuai parameter gila, ini sih level seniman Italia.

Wingletnya berasa batman alias batmobile. Hah kayak gimana tuh?, jadi Aprilia di musim ini, menambahkan dua sirip besar yang letak di sekitar ekor. ‘Ekor itu batman’ dari juga dilengkapi swingarm yang tertutup.

Maverick Vibales dang joki Aprilia Racing menyatakan hasil dari pengubahan itu juga memuaskan. Bukan karena doi suka jadi batman, walau itu juga termasuk, hehe.

Tapi emang, ibaratkan cakar batman yang punya cengkeraman kelelawar. Aero tambahan Aprilia RS-GP ini memberikan tambahan downforce lebih baik.

“Swing arm yang kami uji menawarkan arah pengembangan yang sedikit berbeda. Selain itu, kami juga melakukan pengujian pengaturan aerodinamika motor yang berbeda,” tutur Maverick sang Batman dikutip dari laporan yang sama.

Bagaimana dengan Ducati?, perubahan menyangkut aerodinamika Desmocesidi mereka fokus pada fairing samping yang didesain ulang. Pecco Bagnaia, pembalap pabrikan alias tim Ducati Lenovo bilang dari inovasi pengembangan yang ada, terdapat perubahan signifikan dari kuda besi yang doi bawa.

“Perubahan aero yang signifikan sedang terjadi seiring dengan upaya pabrikan Italia tersebut untuk membuat langkah ekstra di bidang yang kami tekuni selama beberapa tahun,” kata Pembalap juara MotoGP 2023 itu.

Lanjut ke KTM dengan pembalap rookie MotoGP 2024 mereka, Pedro Acosta, yang berhasil menjadi tercepat pada tes shakedown di Sepang Sabtu (3/02-2024) kemarin. Merek motor asal Austria ini, modifikasinya berfokus pada spoiler. Pemasangan spoiler oleh KTM di depan RC16 gunanya untuk mendinginkan suhu ban dengan lebih baik, guna mengontrol tekanan.

Kalau ngomongin pabrikan yang sepertinya masih berada di zona nyaman, ya itu sih, Yamaha. Motor M1 mereka sekilas terlihat masih sama dengan musim sebelumnya, tak banyak perubahan, hanya menambahkan fitur baru yakni fairing berwarna hitam, ya walaupun itu sih udah kita lihat juga di MotoGP 2023. Kalian sendiri tim ambisius atau zona nyaman?

-Diva-