Nih Bocoran Spek Lexi Old Rasa Lexi New ‘King Standar Porting’ Sera 501m By RQM Project! Menang Lawan Aerox, Pakai Head Aerox

    Maniakmotor.com – Disebut ‘King Standar Porting’ memang rupanya karena masih belum terkalahkan di kelasnya. Tuh kemarin Lexi Old By RQM Project ini kembali menang pada laga part 7 melawan Aerox by Unwritten.

    Pasti jadi pertanyaan dong, kayak apa sih spek mesin Lexi Old yang punya spek ruang bakar setara Lexi New Y Connect tersebut.

    Beruntung portal ini boleh tanya-tanya langsung ke pemilik Lexi Old 155 tersebut. Panggil saja doi Rizky Arief, yang rupanya juga gawe di Yamaha Indonesia.

    “Ya mas, emang saya kerja di Yamaha Sumber Mas Motor. Makanya saya terinspirasi dan punya aspirasi juga untuk Yamaha Lexi punya kapasitas mesin 155,” ucap Rizky.

    “Jadi memang sebelum ada Lexi 155. Saya udah kepikiran duluan. ‘Sabi juga kali ya kalau Lexi 125 Old jadi Lexi 155 dengan fitur Y Connect’. Makanya nama Lexi Y Connect itu saya pakaikan untuk motor kami,” sambungnya.

    Merealisasikan ide tadi nih bro, emang ubahan mesinnya benar-benar jadi sedemikian rupa. Tuh headnya sampai pakai punya Aerox dengan seher 58.

    “Untuk head kita memang sudah menyesuaikan blok mesin. Pakai B6H yang sudah di porting in/exnya. Itu disesuaikan dengan blok seher berukuran 58mm,” ujar Rizky.

    “Dari sana, noken juga sudah Custom mengatur buka tutup klep di head B6H kami. Klepnya juga sudah dimodifikasi bubut, mengatur panjang pendek sudut trianglenya,” lanjutnya.

    Ya namanya mengejar akselerasi dan top Speed untuk 500 meter. Tentu kompresi statis dan dinamis kudu maen bro. Makanya blok tadi juga sudah dipapas untuk memaksimalkan penamparan itu.

    Joki Lexi Y Connect @altepppp_

    “Sementara asupan bahan bakar udara juga sudah dimaksimalkan. Mulai dari intake lurus ke arah port in dengan down draft. TB dibuat lebih besar, sampai Injektor dan ECU disesuaikan untuk memaksimalkan pasokan bahan bakar,” ucapnya.

    Tapi emang ngomong bagian bawah mesin Lexi 155 ini tetap pakai ukuran standar pabrik bro. Ya itu menyesuaikan regulasi. Bahannya jaman nownya, kudu Ayu ting-ting, eh STD, hehe.

    “Kruk as STD Dealer. Gak ada tambah stroke atau tambah bandul. Pokoknya STD ting-ting,” tutur Rizky.

    “Paling sisanya urusan bobot untuk memaksimalkan Wheel Horse Power (WHP). Itu masuk printilan dan semacamnya ya mas. Termasuk dari Velg,” tuturnya lagi.

    Mulai dari Velg diubah menjadi lebih ramping dari bawaan Lexi. Lalu stang, segi tiga, mounting dan sokbreker berbahan Alumunium.

    “Tapi untuk rangka, kami tetap memakai standar dealer. Walaupun memang untuk kabel body dibuat lebih ringkas saja,” ucapnya.

    Geng Lexi Y Connect by RQM Project

    “Ya syukurnya banyak yang berkata bahwa kami adalah ‘King STD Porting’. Namun kami sendiri masih belum mau disebut King. Pasti masih banyak lawan di luar sana yang punya skill lebih mumpuni,” pungkas Rizky.

    Mantap deh kalau begitu!

    RAIDER