Nmax 2024 Tetap Pakai Teknologi VVA! Emangnya Buat Apa? Ini Cara Kerjanya

Maniakmotor – Nmax 2024 akan tetap mengusung teknologi VVA. Bila memang Nmax 2024 akan menggunakan teknologi tersebut, artinya genap 10 tahun motor-motor Yamaha tetap mengaplikasikan VVA.

Nah, bahas Nmax 2024 yang pakai VVA. Emangnya VVA itu apa sih? Hayo, jangan-jangan ada yang belum tahu, hehe.

VVA emang benar namanya sih pakai bahasa Inggris. Namun sebenarnya, inti dari VVA adalah menambahkan benjolan baru di noken as, atau camshaft.

Sesuai iklannya, VVA ini berguna untuk menambahkan tenaga. Nafas motor jadi panjang dari putaran bawah, hingga atas.

Dengan mesin 160CC di Nmax 2024, tentu boleh dibayangkan tenaga dan top speednya. Kayaknya, main Kirian aja udah cukup bro.

Soalnya Nmax atau Aerox dengan VVA, top speednya udah lumayan ngeri. Pada dasarnya VVA dibuat agar terjadinya manipulasi buka tutup klep.

Tapi beda dengan mengutak-atik profile noken as. Kalau itu, bisa-bisa tenaga jadi terlalu kasar, bisa-bisa susah dibawa pengendara yang baru belajar.

Makanya ada benjolan mandiri ini dari teknologi VVA. Agar karakter noken bisa tetap seperti Standard, tapi menambahkan tenaga dari RPM bawah hingga atas, membuat mesin Nmax 2024 enggak kalah dengan ukuran body Nmax yang gambot.

Nah, jadi bicara power to weight radio deh, hehe. Jelas masalah akselerasi bisa teratasi dengan adanya VVA ini.

Ibarat kata mah, kita udah pakai camshaft Racing alias kem Racing. Semoga penjelasan di atas sudah cukup memuaskan ya bro.

Tapi, kalau masih pengen lebij detail begini Rinciannya bro, Noken as VVA Nmax 2024 akan punya Lobe in yang menjadi 2. Nah lobe in 1 adalah noken standard dengan profilnya tidak terlalu tinggi.

Sementara lobe in 2 adalah VVA. Dia punya profil tinggi, artinya bisa membuka lift klep lebih lebar juga, yang artinya masuk bensin ke ruang bakar bisa lebih banyak.

Nah, VVA ini akan aktif ketika Nmax 2024 mu berada di RPM 6000 ke atas. Selenoid akan diperintah Ecu untuk menggerakkan rocker arm agar nempel ke profil kem yang tinggi.

Jadilah tenaga motor sampeyan akan tetap dinikmati untuk putaran mesin yang tinggi. Begitu bro.

Kalau menurut lu, kudu tetep ada gak nih VVA? Hehe.

MM