Noken As Standar Dimodif? Ini Positif dan Negatif Ubah Durasi Kem

Maniakmotor.com – Kalo bro berpikir untuk menambah performa motor dengan trik korek harian yang paling jadul. Boleh ubah durasi noken as standar.

Tapi sebelum itu, ada baiknya simak dulu nih efek positif dan negatifnya. Rully Satria Riesmala dari R27 Motor di Jl. Gatot Subroto, Cikarang Utara. “Durasi noken as memang bisa dibuat lebih gede derajatnya dari standarnya, gampang dan itu ilmu jadul!”

Jadi, begini ceritanya: durasi noken as diotak-atik dengan nambahin dan ngebubut bubungan noken as.

Tujuannya? Biar bisa dapetin campuran udara dan bahan bakar lebih banyak. Suara pun pasti berubah, karena asupan vitamin ke seher untuk dikompresi lebih bangak.

Halnya juga berhubungan supaya gas buang keluar lebih cepet. Walau balim lagi ke profil kem yang diinginkan. “Hasilnya? Performa bisa naik sekitar 1 dk, loh!” seru Rully.

Tapi, ada sih risikonya kalo kamu suka ubah-ubah durasi noken as motormu. Rully nyaranin, “Waktu noken as standar diubah, biasanya dilas beberapa kali. Akibatnya, kekuatannya bisa berkurang dari standarnya, apalagi sering gesek sama sepatu klep. Gampang tergerus, deh!”

Solusinya menurut Rully? “Lebih baik beli noken as jadi aja daripada nyoba modifikasi. Atau kalo pengen bikin sendiri, pake noken as bahan atau noken as mentah yang diolah.”

Artinya memang kudu nabung dulu, karena harga noken as jadi bisa 2 kali lipat dari noken as STD bro.

Ya, kesimpulannya mengubah durasi noken as itu buat nambahin asupan bensin dan udara ke ruang bakar. Performa motormu bisa jadi kenceng banget! Tapi, inget juga risikonya, ya.