nhk

Pasca MotoGP Inggris 2017: Vinales Gagal Menang Karena Marquez, Ban Lunak Bukan Judi

Vinales, Silverstone, Motogp

ManiakMotor – Finish kedua merupakan hasil terbaik yang diraih Maverick Vinales di MotoGP Inggris. Pilihan ban lembut, katanya sudah tepat dan bukan judi. Seandainya dirinya tidak ‘terkecoh’ oleh jebol mesin Marquez, sangat mungkin dirinya bisa mengulang podium pertama seperti tahun lalu pada balapan ronde ke-12, kemarin (27/8).

Menariknya, Rossi pakai ban keras sedang dirinya lembut dan satu-satunya pula di antara pembalap papan atas. Sangat kontroversial. Apalagi, trek Silverstone dengan 18 tikungan berkarakter cepat. “Itu bukan judi, tapi pilhan tepat. M1 dan saya sudah bugar, kami tinggal melanjutkan perbaikannya,” ujar pembalap Catalan ini.

Diakui Vinales saat minta ban belakang lunak sempat dirasuki beberapa keraguan. Meski Silverstone bertipikal cepat, ia berpikir keausan ban bisa dijaga dengan mempertahankan kecepatan yang baik tanpa ada pemaksaan, plus gaya balapnya yang halus. Dan pembalap 22 tahun ini sadar bisa menjalankan strateginya dan  beberapa lap terakhir barulah menyerang.

Sayang, rencana itu terganggu saat Marquez mengalami jebol mesin di lap 14 di depannya. Ritme balapnya pun terusik lantaran merasa takut ada ceceran oli di bagian titik pengereman. “Saya terpaksa mengerem 30 meter lebih awal. Akibatnya, saya kehilangan sedikit kontak dengan Dovi dan Rossi. Bersyukur saya bisa menangkap Rossi,” kenangnya.

Upaya untuk mengejar Dovi yang sudah di depan dengan sampai batas limit, diakuinya terlalu riskan. Pasalnya, 10 lap awal ia berupaya menyelamatkan keausan ban. “Baru lima lap terakhir saya menekan sampai 100 persen, tapi Dovi sudah tidak tertangkap. So far, saya puas dengan hasil ini karena motor bekerja dengan baik, walau kehilangan banyak waktu ssaat Marc jebol mesin,” pungkas Vinales. Rezki 

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-silverstone-inggris-25-27-agustus-2017-moto3-dan-moto2/

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353