Pasca MotoGP Misano 2021: Kalah HP, Ban Depan Jadi Rahasia Quartararo Juara Dunia!

Maniakmotor – Meskipun memiliki horse power atau daya kuda yang lebih kecil dari pabrikan lainnya di kelas MotoGP. Feeling Fabio Quartararo dengan ban depan Yamaha M1, menjadi salah satu penyebab Quartararo bisa mendapatkan gelar juara dunia pada kejuaraan MotoGP tahun ini.

Dimana sang juara dunia baru MotoGP itu memberikan kredit atas keberhasilan Yamaha dalam meningkatkan performa motor Yamaha yang berasal dari ban depannya itu. Walau pada tahun 2020, mereka mengalami akhir musim yang cukup mengecewakan, namun pabrikan Jepang itu berhasil menemukan kunci utama yang mampu meningkatkan performa pembalapnya, khususnya Quartararo.

Walau tentu, banyak hal yang menyebabkan Quartararo bisa mendapatkan gelar juara dunianya tahun ini. “Namun yang saya ingin singgung adalah karena roda depan saya, karena motor 2021 ini sangatlah lebih baik terutama di bagian ban depan.” Tukas Quartararo dengan yakin.

Ia sadar bahwa Yamaha masih memiliki kekurangan besar dalam tenaga. “Dan tentu bagian itu menjadi sasaran perkembangan kami untuk musim selanjutnya di MotoGP. Namun dengan perkembangan sampai saat ini saja, saya sudah merasa menyatu dengan Motor.” Tambah Quartararo yang memang belakangan semakin banyak mendapatkan prestasi baik di atas M1.

Walaupun Quartararo sempat diragukan atas performanya tahun lalu yang kurang konsisten, namun justru karena pengalaman – pengalaman buruknya itu, ia bisa berada di posisinya saat ini. “Bahkan sebelum perlombaan dimulai kemarin, saya benar – benar deg -degan dan stress memikirkan gelar juara dunia. Namun disitu asisten pribadi saya hanya mengingatkan untuk mengingat kejuaraan tahun 2020 yang sangat buruk. Mata saya pun terbuka dan mulai bersyukur bisa bediri di starting grid, dengan perlombaan yang bisa membuat saya menjadi juara dunia.” Papar Quartararo dengan sangat bangga.

Fabio Quartarao dan Jorge Lorenzo

Quartararo sangat bersyukur atas pengalaman yang ia bisa dapatkan selama dua tahun ini. “Dan saya sangat bersyukur dengan seluruh pihak yang selalu mendukung saya di dalam berbagai keadaan selama saya berada di kelas utama ini.” Tutup Quartarao dengan kerendahan hati.

Dengan gelar juara dunia yang ia dapat pada hari minggu kemarin, Quartararo menjadi satu – satunya orang Perancis yang bisa mendapatkan gelar juara dunia di kelas utama MotoGP. ia juga menjadi pembalap Yamaha yang juara di kelas utama MotoGP setelah Jorge Lorenzo pada tahun 2015 lalu.

Raider 

 

BAGIKAN