Pasca Tes Jerez, Yamaha M1 Klaim Temukan Obat Top Speed! Klaim Aerodinamis dan Asupan Angin Bisa Diubah

    Manakmotor – Setelah MotoGP dan uji coba resmi di Sirkuit Jerez 1-2 Mei 2022 kemarin, Yamaha menemukan jalan keluar dari stagnan perkembangannya selama ini terutama dalam hal performa motor.

    Jalan keluar ini terletak pada perangkat aerodinamis atau fairing motor Yamaha M1 yang dinilai beberapa pembalap, terutama Fabio Quartararo yang menilai bahwa Yamaha M1 memiliki ruang untuk diubah dan dimaksimalkan.

    Adapun perubahan yang dilakukan sangatlah manjur bahkan hingga mempengaruhi kecepatan tertinggi motor atau top speed, yakni sesuatu yang menjadi masalah Yamaha sejak lama.

    Pengumuman ini disiarkan oleh Massimo Meregalli, manajer di bidang teknisi Yamaha Monster Energy tahun 2022 ini.

    “Ada ruang untuk memperbaiki kecepatan tertinggi (top speed). Salah satunya adalah paket aerodinamis motor. Kami sedang bekerja keras untuk itu dan kami harus menemukan paket yang bisa direvisi secepatnyna sebelum Mugello,” kata Massimo dengan wajah senang.

    Pasalnya Sirkuit Mugello dan Barcelona memiliki sejumlah bagian Sirkuit yang sangat membutuhkan kecepatan tertinggi atau top speed.

    Hal ini menjadi masalah besar untuk Yamaha bila masalah top speed segera tidak diperbaiki.

    “Kami ingin meringankan tugas pembalap kami, dan hal ini sangat penting untuk dilakukan pada Sirkuit seperti Mugello dan Barcelona,” ujar Massimo Meregalli dengan prihatin.

    Telah diteliti dengan rinci oleh timnya pada tes Jerez lalu bahwa asupan angin dan pembuangan bisa mempengaruhi motor di dalam kecepatan tertinggi ini.

    “Kami tidak tahu persis kapan kami akan membawa penelitian ini ke dalam seri MotoGP, namun yang pasti secepatnya dan kalau bisa di dalam dua seri yang telah kami sebutkan tadi,” ungkap Massimo dengan harapan besar.

    “Yang pasti kami sangat senang karena ini artinya Yamaha akan terus mendapatkan pembaharauan dan perkembangan,” tutup Masimo.

    Sebelumnya di wawancara yang berbeda, Fabio Quartararo juga mengaku senang dengan performanya bersama dengan Yamaha.

    “Saya tidak percaya kami ada di sini (puncak klasemen) ini membuktikan bahwa Yamaha adalah motor yang bekerja dan membuktikan bahwa pendapat orang-orang salah,” ungkap Fabio.

    Fabio Quartararo sendiri hingga kini belum ada kabar akan pindah dari Yamaha di tahun 2023 mendatang.

    Raider

    Klasemen Sementara Kejuaran Dunia MotoGP 2022

    1. Quartararo 89 poin. 2 Aleix Espargaró 82 3 Bastianini 69 4 Rins 69 5 Bagnaia 56 6 Mir 56 7 Zarco 51 8 Brad Binder 48 9 Marc Marquez 44 10 Oliveira 43 11 Miller 42nd 12 Pol Espargaró 35 13 Martin 28 14 Viñales 27 15 Nakagami 21 16 Morbidelli 18 17 Alex Marquez 16 18 Bezzecchi 15 19 Marini 14 20 Dovizioso 8 21 Darryn Binder 6th 22nd Gardner 3rd

    BACA JUGA