Pasca Tes Mandalika: Marc Marquez; “Motor Tidak Terasa Seperti Punya Saya”!

Maniakmotor – RC213V jadi motor yang beda abiezz dari versi motor sebelumnya. Itu sengaja dilakukan, karena Honda emang kepingin buat suatu perubahan. Yaitu membuat motor yang bisa dinikmati seluruh pembalapnya, nggak satu pembalap tertentu aje. Karena kita orang tahu kan, siapa yang jadi acuan utama pengembangan motor versi sebelumnya? Enggak perlu dijawab sih, hehe.

Fairing ganti, chassis dan mesin pun demikian, tentunya joki  – joki Honda kagok. Pun juara dunia 8 kali simpenan Honda hingga 2024, Marc Marquez yang baru saja pulih dari dua cidera sekaligus. Hasilnya selama 3 hari tes di Mandalika, dapat dikatakan biasa aja, enggak spektakuler seperti sebelum cidera. Hanya dapat posisi ke-7 di hari pertama, ke-2 di hari kedua, ke-14 di hari ketiga.

Di lain sisi, Pol Espargaro bisa berada di posisi pertama pada hari pertama dan ketiga, serta posisi ke-8 di hari kedua. Yang jelas, ada sesuatu yang membuat sang baby alien kesusahan. “Ini motor baru, saya pikir itu adalah perubahan terbesar untuk Honda sejak debut saya pada tahun 2013. Rasanya enggak ada sama – samanya, perubahan ini sampai hinga DNA-nya,” terang Marc Marquez ketika ditemui setelah tes di Mandalika.

Marc Marquez di Mandalika

Karena itu, rada susah untuk gaspoll, bahkan menunggangi motor seperti biasanya. “Saat ini saya tidak merasa bahwa motor ini adalah milik saya. Saya bahkan tidak bisa untuk melakukan serangan waktu seperti yang lain. Terutama saat melakukan simulasi perlombaan,” lanjut Marc Marquez menjelaskan dengan kesulitannya.

Sesuatu yang Marc cari seperti terletak di ujung pelangi, yaitu feeling. “Klimaks penyatuan motor dengan tubuh adalah saat sepeda menjadi seperti tubuh anda sendiri. Disitulah keajaiban bisa dimulai, rekor tercetak. Saat ini saya hanya baru bisa merasakan roda yang mengepot,” terang Marc Marquez yang habiskan lebih dari 200 putaran di Mandalika itu.

Dengan begitu, Marc Marquez enggak membawa 0 besar ke Qatar. “Bisa mengkonfirmasi ulang perasaan ban belakang ini adalah hadiah. Semoga saja ini akan membantu kami di Qatar,” tutup Marc Marquez dengan penuh harapan.

Raider 

BACA JUGA

Pasca Tes Mandalika: Johann Zarco Tetap Akui Yamaha dan Suzuki Lebih Mudah Ditaklukan!

Pasca Tes Mandalika: Dovizioso Tidak Lebih Dari Test Rider? Terlalu Tua dan Susah Untuk Adaptasi!

MotoGP: Bagnaia Perpanjang Kontrak 2 Tahun Dengan Ducati, Proyek Incar Jurdun!

MotoGP: Bagnaia Sebut Semua Orang Bisa ‘Tiru Ducati’, Tapi Nggak Sama Canggih!