Pasca Tes Mandalika: “Tumit Achilles” Yamaha Tetap Top Speed, Meregalli Prediksi Musim Berabe!

Maniakmotor – Masalah top speed dan Yamaha adalah sesuatu yang tidak pernah bisa dipisahkan. Seolah top speed menjadi Tumit Achilles milik Yamaha setiap tahunnya. Khususnya semenjak penyeragaman eccu alias sistem elektronik motor di tahun 2016. Seolah – olah Yamaha tidak punya taringnya lagi dalam beradu kecepatan tertinggi motor itu.

Walau dapat juara dunia di 2021, namun masalah ini seolah enggak pernah pergi. Begitu data top speed yang diambil dari tes Mandalika kemarin. Seluruh joki Yamaha ada di urutan bawah, dengan top speed tertinggi dimiliki Quartararo dengan angka 305.0 km/jam, sementara Morbidelli paling lambat di angka 301.6km/jam.

Franco Morbidelli

Perbandingan top speed paling tinggi dimiliki oleh Johann Zarco pada angka 314.8 km/jam. Sementara dengan Suzuki yang memiliki tipe mesin sama seperti Yamaha bisa mencetak 308.5 km/jam. Alias enggak ada perubahan besar antara Yamaha M1 2021 dengan 2022.

Manajer Yamaha, Massimo Meregalli melihat hal tersebut sebagai hal yang menyedihkan bahkan membuat pesimis. “Ini pasti akan menjadi musim yang sangat sulit,” tutur dirinya kepada MotoGP.com.

“Pasalnya kami tidak melakukan revolusi,kami hanya membawa pembaruan,” tambah Meregalli sambil membandingkan dengan motor – motor lainnya yang ada tahun ini. Aprilia, Honda, KTM, terutama Ducati, melakukan pembeharuan yang banyak. Otomatis mereka masih bisa menggali lebih dalam lagi potensi motornya masing – masing.

Yamaha? “hal positifnya hanya bisa lebih siap di musim dingin dan tiba di tes pra musim dengan baik. Itupun sangat kesusahan di tes Sepang hari pertama, tapi syukurnya berangsur – angsur membaik,” terang Meregalli.

Yang pasti, Yamaha harus berusaha mati – matian di setiap serinya pada musim 2022 ini. “Mungkin perkembangan teknologi dan pembaharuan motor – motor terlihat menghibur di sofa (penonton). Tapi kami (Yamaha) pastinya akan tegang setiap saat,” tutup Meregalli dengan merenung.

Raider

BACA JUGA

Hasil Tes Moto2&Moto3 Jerez Hari Pertama: Mario Aji Ke-8, Ai Ogura Mendominasi, Disusul Acosta!