Pasca Tes Shakedown MotoGP Sepang: Darryn Binder ‘Kuat Di Kepala’ Enggak Jatuh Sama Sekali!

Darryn Binder

Maniakmotor – Enggak hanya gede – gedean otot ataupun kenceng – kencengan motor. Di MotoGP salah satu hal sangat penting di miliki adalah mental dan cara berpikir yang kuat. Maksud kuat disini adalah enggak gampang ambyar dan galau, bisa tetap berpikir fokus secara logis dalam keadaan apapun tanpa terambil alih mental yang enggak penting.

Termasuk saat menjadi anak baru dan dikenalkan dengan berbagai hal alien yang enggak pernah dijumpai. Rupanya untuk Darryn Binder, ia memiliki nilai yang baik dalam hal ini, terutama setelah dilihat dari uji coba Sepang shakedown yang berlangsung dari 31 Januari – 2 Februari kemarin. Itu menurut manajer barunya di Yamaha RNF yang bernama Wilco Zeelenberg.

Mantan manajer Fabio Quartararo dan terakhir mengantarkan Raul Fernandez dapat runner up itu melihat potensi yang baik dalam mental Darryn Binder. “Mungkin karena dia bukan pembalap rookie muda di umur 18 atau 19, tapi 23 dengan pengalaman 7 tahun di Moto3. Walau loncat langsung dari Moto3 namun mentalnya udah mateng, dan saya jujur aja cukup bangga bisa bekerja bersama pembalap ke-2 sejak Miller yang melakukan hal itu,” puji Zeelenberg kepada remaja asal Afrika Selatan itu.

Sempat dekat dengan rookie kencang lainnya di bagian depan pada hari pertama, Binder agak sedikit kesulitan di hari ke-3. “Namun dia tidak pernah jatuh sama sekali, artinya dia sudah mulai bisa mengontrol motor dengan baik. Bahkan di jam 2-4 ketika aspal sangat panas dan grip ban lagi minim, tidak ada masalah sekalipun,” lanjut Zeelenberg.

Meskipun begitu, kekurangan terbesar Darryn Binder saat ini adalah untuk bisa kencang di semua sektor. “Catatan waktunya sebenarnya bisa berada di dalam 1 menit 59 bahkan 58 bila dia bisa konstan kencang di semua sektor. Saat ini, Binder tidak bisa melakukan 1 putaran penuh dengan hasil terbaik di setiap sektornya, itu akan jadi PR,” jelas Zeelenberg ketika ditanyakan tentang catatan waktu Binder yang masih di atas 2 menit.

Untuk saat ini Zeelenberg dan kawan – kawannya masih belum mau memaksa Darryn untuk melakukan sesuatu yang gila. “Tetap saja, mengendarai MotoGP adalah tugas berat dan memang tidak semua orang bisa langsung membawanya sesuka hati. Saat ini kami akan membiarkannya tumbuh bertahap dan tidak memaksakan. Karena sangat bahaya bila sampai jatuh di kelas ini, yang ada performa malah bisa menurun bukan meningkat,” tutup Zeelenberg dengan terus bersabar.

Darryn Binder akan beristirahat selama 2 hari, dan kembali di sirkuit Sepang dengan Andrea Dovisiozo pada 5 Februari mendatang.

Raider

BACA JUGA

Hasil Tes Shakedown MotoGP Sepang Hari Ke-3: Vinales Kembali Melejit, Kali Ini 1’58!