Pecah Rekor Time, Akbar Abud dengan Efje Racetech Siap Tarung MP Jawa Seri 1 2024! Ngomong Racing Line Berbeda

Maniakmotor.com – Belum juga kualifikasi, joki Efje Racing Division yang bawa motor garapan Racetech Performance, Akbar Abud sudah pecahkan rekor time  yang dibuatnya sendiri pada Motoprix 2023 lalu.

Perlu ketahui, tahun lalu doi tercepat di kualifikasi dengan catatan waktu 55,456 detik. Jelang Motoprix Seri 1 Jawa 2024 ini, angka itu ditembus dengan waktu lebih dengan selisih yang cukup jauh.

Menurut Abud, tentu ada sikit perbedaan yang dilakukannya. Begitu juga ngomong set up suspensi yang juga jadi kunci untuk menembus angka catatan waktu tadi.

“Sebenarnya Abud enggak tahu dengan pasti banget ya di mana Abud melakukan perbedaan. Tapi senyadarnya Abud aja nih, mungkin di R1 dan R7,” tutur Abud, Kamis 16 Mei 2024.

“R1 (tikungan ke-1) itu karakternya high speed corner tapi hair pin. Mubazir kalau sampai terlalu pelan. Makanya saya ambil Racing line paling luar, bisa jadi ada yang belum melakukannya juga,” sambung Abud.

Ya sesuai ciri khas tikungan hair pin. Titik turn point dibuat Abud lebih lama. Seperti gambar di atas. Keuntungan turn point yang lebih jauh menbuat motor tak pernah benar-benar berhenti. Bahasa kasarnya mah ye, enggak terlalu nusuk.

Tapi bukan Berarti nusuk banget juga jelek ya bro. Karena justru di R7 (tikungan ke-7) Akbar Abud lebih mempercepat turn point tadi.

Bahasa teknisnya doi melakukan early turn in bro. Di sini menurutnya lebih menguntungkan karena karakter yang juga flowing, tapi bukan hair pin seperti di tikungan pertama.

“Ya pokoknya entar teknik apapun yang digunakan, pasti saya tertolong Settingan suspensi. Karena kemarin aja, teknik ini sempat belum berjalan mulus saat Shock breaker belum sempurna,” ujar Abud.

“Sementara sekarang chattering itu audah minimal. Jadi untuk teknik-teknik tadi bisa saya lakukan lebih baik lagi,” pungkas Akbar Abud.

Oh iya, ngomong-ngomong catatan waktu Abid berada di angka 55,381 detik ya bestie. Beda 0,1 detik dibanding Tahun lalu, yang tentu gak bisa diremehkan.

GASPOL! RAIDER