Penyebab Tersembunyi: Speedometer Yamaha NMAX Mati Total dan Cara Menghindarinya

Maniakmotor – Hati-hati bro, para pengfuna Yamaha NMAX! Jangan lakukan kecerobohan sepele dalam bongkar-pasang cover body dan headlamp dapat mengakibatkan speedometer atau panel indikator mati total.

Pengalaman pahit ini dialami oleh Bone Miolo, seorang penunggang NMAX dari Cileungsi, Jawa Barat.

Menurut Bone, peristiwa ini terjadi saat dia asyik melakukan bongkar-pasang cover body depan dan headlamp sendiri. Walaupun terlihat sepele, banyak soket kabel yang harus dilepas saat proses ini.

Bone tak sengaja mencolokkan dua kabel dengan soket yang salah, yakni soket lampu berwarna coklat dan putih.

Efeknya, speedometer langsung mati total dan mengejutkan Bone. Bone, seorang teman yang berpengalaman, mengindikasikan kemungkinan adanya korslet karena salah pasang soket kabel tersebut.

Meskipun Bone mencoba memutar kunci kontak On dan Off beberapa kali, panel indikator tetap tidak memberikan isyarat hidup.

“Di NMAX itu ada soket lampu berwarna hijau, coklat, dan putih. Nah, yang coklat dan putih itu tidak sengaja tertukar pemasangannya. Efeknya, speedometer langsung mati total,” ungkap Bone sebagai peringatan bagi sesama pemilik NMAX.

Untuk para pecinta bongkar-pasang cover body sendiri, pesan dari pengalaman Bone sangat jelas: berhati-hatilah dengan urutan pemasangan kabel. Kesalahan kecil bisa berakibat besar, dan mengganti panel indikator bisa menjadi urusan yang tidak menyenangkan.

Sebelum melibatkan mekanik profesional, pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan teliti. Bagi yang belum berpengalaman, lebih baik tinggalkan tugas tersebut pada ahlinya.

Semua ini bertujuan agar pengalaman berkendara dengan Yamaha NMAX tetap menyenangkan tanpa gangguan tak terduga.