Peraturan – Peraturan Baru MotoGP Keluar, Usia Minimum Jadi 18 Tahun di Semua Kelas!

Maniakmotor – Pertemuan Komisi Grand Prix telah mengeluarkan amandemen peraturan – peraturan baru untuk tahun 2022 dan seterusnya. Cukup banyak yang berubah, dari teknis, keamanan, batas usia, dll.

Yang paling mencolok, tentunya adalah regulasi keamanan. Regulasi ini juga sangat berkaitan dengan umur. Sesuatu yang dibilangnya sih, menjadi penyebabkan banyaknya kecelakaan mematikan dalam dua tahun terakhir. Bahkan pada 2019 lalu, sampai merenggut pembalap Indonesia, Afridza Syach Munandar.

Dengan begitu, komisi pembuatan peraturan MotoGP mengesahkan pengumuman yang sebelumnya telah diumumkan. Dimana kartu izin start para pembalap hanya bisa dibuat atau dimiliki bila memenuhi persyaratan usia seperti berikut ini.

 Moto3: 16 tahun (18 tahun di 2023)

• Moto2: 16 tahun (18 tahun di 2023)

• MotoGP: 18 tahun

Meskipun begitu, di kelas Moto3 ada situasi khusus untuk pemenang FIM Moto3 Junior World Championship atau Red Bull Rookies Cup. Dimana mereka tetap boleh mengikuti kejuaraan ini, dengan batas umur yang lebih rendah yaitu 15 tahun di 2022, 16 tahun di 2023, dan 17 tahun di 2024.

Selain itu MotoGP juga ingin membuat transisi yang lembut. Makanya, di situ dituliskan 16 tahun, dimana maksudnya untuk saat ini pembalap – pembalap yang berada di umur tersebut boleh tetap ikut. Karena kasihan bukan hanya untuk pembalapnya, namun juga kasihan untuk tim yang udah keburu mengontrak.

Raider

BACA JUGA

Yamaha Endurance: Cetak Toprak Razgatlioglu atau Thomas Luthi, Begini Perbedaan Balap di Eropa dan Indonesia Menurut Minoru Morimoto!

MotoGP: Pindah Ke KTM, Guidotti Beberkan Kelemahan Zarco!

WSBK: Tes Jerez Selesai, Kelingking Lecuona Patah! Efek Pakai Showa??

MotoGP: Valentino Rossi Tidak Benar-Benar Berhenti! Akan Hadir Dalam