Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Round 2 Hadirkan Kelas Baru, Kejurnas Balap Motor Sportbike Makin Seru

    Maniakmotor.con-  Kejurnas Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 terus berkreasi mewadahi bakat dan ajang prestasi untuk Dukung Pembalap Indonesia Mendunia

    Kejuaraan Nasional Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024 putaran kedua akan segera bergulir pada 25-26 Mei 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Berbagai langkah terus dilakukan agar gelaran Kejurnas Balap Motor Sportbike menjadi sebuah kompetisi bergengsi dalam membina para talenta muda serta ajang prestasi “Untuk Dukung Pembalap Indonesia mendunia”.

    Event hasil kolaborasi PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan InJourney mendapat dukungan dari Pertamina, sebagai salah satu bentuk kontribusinya terhadap dunia balap di Indonesia. Tiga kelas utama Kejurnas Balap Motor Sportbike akan dipertandingkan yakni Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600 sebagai puncak kejuaraan tertinggi balap motor sportbike di Indonesia. Sementara tidak kalah seru adanya supporting class yakni Underbone 150, lalu Supersport 600 Community dan Superbike 1000 Community.

    Svp. Marketing & Tourism Program InJourney, Retna Asmoro mengatakan, “The Mandalika, di bawah ITDC, dipersiapkan menjadi produk pariwisata unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah turis baik dari domestik maupun mancanegara. Kami terus membangun destination positioning-nya, baik dari sisi amenitas maupun atraksi atau promosinya. Kami harapkan, melalui penyelenggaraan rutin event seperti Kejurnas Mandalika Racing Series dapat memperkuat promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan ekonomi daerah. Kejurnas Mandalika Racing Series 2024, dengan target penonton sebanyak 5.000 orang, dan 600.000 ribu viewers di Youtube Live streaming Mandalika Racing Series. Dengan kejuaran nasional ini diharapkan akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui partisipasi berbagai UMKM lokal.”.

    Putaran kedua Pertamina Mandalika Racing Series 2024, akan dibuka kelas baru yakni Junior Sport 150 U-15 sebagai ajang pembinaan para pembalap muda di bawah usia 15 tahun. Kelas ini dipertandingkan hasil dari respons positif para tim hingga sekolah balap yang menginginkan adanya kejuaraan khusus bagi talenta muda yang siap bertarung ke jenjang internasional.

    Direktur Operasi ITDC Troy Warokka, mengatakan, “Mandalika Racing Series menjadi ajang kompetisi balap motor yang memberikan kesempatan bagi talenta muda Indonesia untuk bersinar dan mengangkat nama Indonesia di kancah internasional. Pada 25-26 Mei 2024, MRS Kembali dengan Seri ke-2 di Pertamina Mandalika Internasional Circuit. Mari kita dukung acara ini untuk memajukan olahraga balap Indonesia, memperkenalkan talenta muda, dan mempromosikan The Mandalika sebagai destinasi sport tourism unggulan di Indonesia. Event ini diharapkan memberikan pengalaman berharga bagi peserta dan dampak positif berkelanjutan bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal di Mandalika dan NTB. Selain itu, dengan dukungan masyarakat Indonesia dan stakeholders, kita dapat membangun masa depan yang gemilang bagi olahraga balap Indonesia.”

    Sementara itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, bergabungnya Pertamina sebagai sponsor utama menunjukan bahwa Kejurnas Mandalika Racing Series telah menjadi sebuah kompetisi balapan nasional yang memiliki daya tarik tinggi. “Dukungan dari Pertamina semakin mengukuhkan posisi Mandalika Racing Series sebagai Kejurnas Balap Motor Sportbike bergengsi di Indonesia yang telah terbukti ikut mendorong prestasi pembalap-pembalap Tanah Air untuk berkiprah di level internasional. Veda Ega Pratama, Arai Agaska, Muhammad Kiandra Ramadhipa, Aldi Satya Mehendra adalah di antara contoh pembalap Indonesia yang berprestasi yang kini tengah berjuang di kancah balap Asia hingga dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh MGPA, PRIDE, IMI dan para stakeholder serta sponsor untuk terus meningkatkan kualitas balapan dari mulai regulasi hingga kemasan event seperti inovasi tayangan live streaming,” ungkap Priandhi.

    Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra menambahkan, pihaknya terus memberikan dukungan agar Kejurnas Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series bisa terus berjalan berkesinambungan. ”Kita ingin terus menghasilkan lagi para pembalap muda Indonesia, dari sebuah kejuaraan yang kompetitif sesuai regulasi serta menjunjung tinggi sportivitas hingga siap bersaing di level lebih tinggi. Karena itu, adanya kelas Junior Sport 150 U-15 bisa menjadi sarana adu kemampuan para pembalap usia muda dengan regulasi teknis yang tidak memberatkan serta biaya terjangkau. Saya harap melalui adanya kelas baru ini bisa menjadikan pembinaan pembalap-pembalap muda yang berlatih di sekolah-sekolah balap bisa terakomodasi untuk naik jenjang ke kelas berikutnya,” tukas Eddy Saputra.

    VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyatakan, “Dukungan ini sejalan dengan PERTAMINA ENERGIZING YOU yang bermakna Pertamina selalu berusaha untuk melayani masyarakat dan memberikan energinya untuk kepentingan bangsa Indonesia. Kerjasama ini merupakan langkah nyata dalam upaya kami untuk memajukan industri motorsport di Indonesia. Dukungan dari Pertamina akan memperkuat program pembibitan dan memberikan akses yang lebih luas dan fasilitas yang lebih baik bagi para pembalap-pembalap muda.”.

    Pertamina Mandalika Racing Series 2024 mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, MGPA, ITDC dan InJourney serta Honda, LFN, Pirelli, Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia, YSS, Pikolli, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake

    Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 juga terbukti telah memberikan dampak ekonomi luas terhadap masyarakat sekitar, karena adanya berbagai pelaku usaha UMKM lokal NTB, baik itu makanan ataupun cendera mata dan juga berbagai UMKM lainnya yang membuka booth di area sirkuit.

    ***

    Tentang PRIDE Motorsport
    PRIDE Motorsport merupakan sebuah perusahaan one stop solution di dunia otomotif khususnya motorsport didukung para tenaga ahli di bidangnya. PRIDE Motorsport dibangun atas dasar passion dan pengalamannya menangani berbagai aktivitas motorsport dari penyelenggara event, racing management, racing school hingga technical services.

    Tentang MGPA
    Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Mandalika International Circuit (Sirkuit Mandalika. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket.
    MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya.

    Tentang ITDC
    PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation, rebranding menjadi InJourney Tourism Development Corporation. Sebagai bagian dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021. InJourney hadir sebagai ekosistem holding BUMN di sektor aviasi dan pariwisata di Indonesia, berkomitmen membawa keramahtamahan dan keragaman budaya di Indonesia kepada dunia, mendorong kebangkitan sektor pariwisata, serta mengorkestrasi kolaborasi dan integrasi dalam industri pariwisata.
    InJourney Tourism Development Corporation adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan pengelolaan kawasan pariwisata terintegrasi di Indonesia, selama 50 tahun telah sukses mengelola The Nusa Dua “Bali’s Finest Family-Friendly Resort Haven”, sebuah kawasan pariwisata terkenal di selatan pulau Bali. Kawasan ini telah menjadi destinasi liburan yang populer berkat keberadaan banyak hotel dan mewah di dalam kawasan. Pengembangan The Nusa Dua dimulai pada tahun 1974 sebagai proyek pariwisata pertama World Bank untuk Indonesia, dan kini telah menjadi tolak ukur destinasi masa depan.
    Kawasan The Nusa Dua dilengkapi dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Presidensi G20 pada 2022.
    Selain The Nusa Dua, InJourney Tourism Development Corporation juga dipercaya untuk pengembangan kawasan The Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang memiliki luas 1.175 hektar. The Mandalika “The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination” telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak tahun 2017 dan telah menarik investasi sebesar USD 1,3 miliar. Saat ini, The Mandalika sedang diciptakan sebagai destinasi pariwisata kelas dunia dengan berbagai fasilitas dan atraksi internasional, termasuk Pertamina Mandalika International Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia seperti WSBK, MotoGP dan Asian Road Racing Championship (ARRC).
    Tidak hanya itu, InJourney Tourism Development Corporation juga mendapat penugasan ketiga dari Pemerintah untuk mengembangkan kawasan The Golo Mori “Sustainable Marine-Based MICE Tourism Destination” di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di dalam kawasan ini terdapat sebuah convention center kelas dunia yaitu Golo Mori Convention Center (GMCC), yang menawarkan pemandangan memukau menghadap langsung ke Pulau Rinca. Dengan fasilitas Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE) berstandar internasional, GMCC telah menjadi lokasi penyelenggaraan Asean Summit 2023. Selain itu, GMCC juga dilengkapi dengan Beach Club dan Dermaga, menjadikan The Golo Mori sebagai ikon pariwisata baru di area Labuan Bajo dan sedang disiapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata baru di Indonesia.

    Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi:

    Arif Syahbani : 08170777115
    PRIDE Motorsport

    Anggun P. Corporate Communication – 081916404899
    PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ITDC
    Telp. 021 – 80642790
    Email: corcom_group@itdc.co.id

    Corporate Communication
    PT MGPA Nusantara Jaya / MGPA
    Email: corcom@themandalikagp.com