Pedro Acosta Gak Sejago Marc Marquez? Puig Tolak Acosta Pakai Bahasa Halus

Maniakmotor – Kok Marc Marquez bisa dari Moto2 langsung masuk ke Repsol Honda. Sementara Pedeo Acosta yang punya prestasi hampir sama tidak bisa?

Ya ketebak dong, maksudnya tentu Pedro Acosta gak sejago Marc Marquez? Itu bisa terbaca dari tolakan halus Manajer Repsol Honda, Alberto Puig.

Emang sih nadanya dengan tegas menolak merekrut si bocah ajaib, untuk MotoGP 2024. Tapi kata-katanya diperhalus, dan bahkan terdengar sedikit menyepelepkan. Meskipun Acosta berhasil menyabet gelar juara Moto2 2023 dengan Red Bull KTM Ajo, Honda tak mau mengambil risiko dengan pembalap yang belum merasakan kompetisi MotoGP.

Alberto Puig menyatakan, “Kami tidak pernah mempertimbangkan untuk merekrut pembalap non-MotoGP untuk tahun berikutnya. Karena kami menganggap dalam kasus Acosta atau Fermin Aldeguer mereka tidak memiliki pengalaman di MotoGP.” Menurut Puig, meski Acosta memiliki kecepatan yang luar biasa, pengalaman di MotoGP tetap menjadi prioritas utama Repsol Honda.

Pedro Acosta memang menggila di Moto2 dan Moto3, mengumpulkan 332.5 poin serta tujuh kemenangan dan 14 podium di Moto2 2023. Sebelumnya, dia juga meraih gelar juara dunia Moto3 2021. Namun, Repsol Honda lebih memilih untuk fokus pada pembalap yang sudah berpengalaman di MotoGP, dengan alasan mereka membutuhkan seseorang yang bisa memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan motor.

Tapi tetap, ada alasan panjang Repsol Honda  mendatangkan Luca Marini. Puig menjelaskan, “Kami membutuhkan seseorang yang sudah mengetahui apa itu MotoGP, bagaimana mengelola salah satu motor tersebut, untuk menerima sesuatu dari mereka.” Keputusan ini dilandasi keinginan Repsol Honda untuk menghindari risiko merekrut pembalap rookie.

Meski memahami kecepatan pembalap Moto2, Repsol Honda tetap berpegang pada kebijakan mereka. “Bahwa ada pembalap Moto2 yang sangat cepat? Kami mengetahuinya, namun saat ini merupakan sebuah kesalahan, jika merekrut pembalap rookie,” tegas Puig.

Ya kalau sejago Marc Marquez, gak mungkin terjadi lah. Bisa ketebak kan bro?
MM