Race MotoGP Austria-2: Brad Binder Menang Bertaruh! Pakai Ban Slick di Kondisi Hujan! Rossi Hampir Podium!

Maniakmotor – Seperti biasanya Fabio Quartararo dan motor Yamahanya kalah tenaga di start dan tikungan pertama Sirkuit Red Bull Ring Spielberg yang membutuhkan akselerasi penuh pada Minggu, 15 Agustus 2021 ini. Barisan depan langsung dipenuhi para penunggang Ducati dan Marc Marquez yang terlihat sedang dalam kondisi baik.

Dari lap awal, pertarungan di rombongan depan ini sudah sangat sengit. Pertarungan terjadi antar empat pabrikan, Marc Marquez menunggang Honda, Bagnaia dan Jorge Martin yang menaiki Ducati, Fabio Quartararo yang memakai Yamaha, serta Joan Mir yang memakai Suzuki. Disusul Brad Binder dan Aleix Espargaro yang agak kesulitan mengejar lima pembalap di bagian depan itu.

Pertarungan terjadi sampai bempat putaran terakhir, hingga bendera putih bergaris merah yang menandakan track diguyur hujan dikibarkan. Lima pembalap yang memimpin perlombaan itu langsung masuk ke dalam pit. Dan cepat-cepat keluar setelah mengganti ban hujan.

Tapi siapa sangka, Brad Binder yang berada di posisi ke enam tidak masuk ke dalam pit dan tetap menggunakan ban slick atau ban keringnya. Ia bertaruh untuk menenggunakan ban slick itu selama empat lap tersisa, dimana hujan semakin deras setiap detiknya. Di Belakangnya ada rombongan Valentino Rossi, Iker Lecuona, dan Luca Marini yang juga bertaruh tidak masuk kedalam pit.

Valentino Rossi bahkan sempat berada di posisi ketiga saat beberapa pembalap masuk kedalam pit untuk mengganti ban mereka dengan ban hujan. Balapan pun menjadi semakin seru dan menegangkan. Kita dapat melihat pembalap-pemabalap yang tidak mengganti bannya ini harus menegakkan motornya di aspal yang sudah sangat basah itu.

Sementara rombongan Bagnaia dan Jorge Martin sedang mengejar mereka semua dengan kecepatan yang jauh lebih kencang. Beruntung buat Brad Binder, ia sempat membuat jarak antara dirinya dengan para pembalap yang mengganti ban itu hingga sejauh 30 detik.

Namun sedikit sial untuk Valentino Rossi dan kawan-kawan, mereka berhasil terkejar Bagnaia, Jorge Martin, dan Joan Mir pada 3 tikungan terakhir sebelum garis finish. Para pembalap dengan ban hujan itu memiliki kecepatan jauh lebih kencang dari pada mereka yang mengenakan ban slick di sirkuit yang sudah dangat basah itu.

Akhirnya Brad Binder dari tim KTM Factory itu berhasil mendapatkan kemangan pertamanya di tahun 2021. Francesco Bagnaia yang buru-buru mengejar dari pit itu juga bisa memperoleh podium kedua, disusul Jorge Martin pada podium ketiga. Valentino Rossi harus puas berada di belakang Fabio Quartararo pada posisi ke-9.

Raider

BAGIKAN