Rahasia Gila-gilaan: Papas Pantat Kem Motor untuk Tingkatkan Power!

    Maniakmotor – Siapa yang mau motor harian jadi gahar dan bertenaga? Nah, kita punya trik gila-gilaan nih, buat kalian para Maniak Motor! Bukan cuma buat yang kaya raya, tapi buat yang punya kreativitas dan keberanian, kita bisa tambah power mesin motor standar harian kita dengan trik super spesial ini.

    Jadi begini, seorang juru korek senior dari bengkel SMS (Surya Motor Sport) di Depok, Jawa Barat, yang dijuluki Ahon, punya rahasia unik untuk meningkatkan performa mesin motor.

    Nah, dia ngasih saran, kita bisa lakukan pemapasan pada kem motor kita sendiri. Gimana caranya? Begini nih, cukup papas pantat kem sampai batas pinggulnya. Ini seakan menambah tinggi bukaan klep dan memperpanjang durasinya. Hasilnya? Aliran bahan bakar makin kaya, bro.

    Tapi perlu diingat, jangan terlalu berlebihan ya, cukup 1.5 mm aja. Kalau lebih dari itu, motor kita bisa aja floating, dan itu bisa bikin masalah. Ahon, yang punya pengalaman panjang di dunia tunner mesin 4-tak, ngingetin banget soal ini.

    “Jika lebih dari ini akan terjadi floating, karena per klep, pelatuk dan klepnya sendiri tidak bisa melayani,” sebut Ahon yang punya nama lengkap Herman Lo itu. Haiyaaaa…

    Ko Akong dan Krisdianto

    Nah, yang paling penting, saat nggerinda kem, yang digerinda bagian bawahnya, bukan yang benjolannya. Ingat, hanya boleh dipapas 1.5 mm, jangan lebih! Ini berlaku buat semua motor, termasuk mesin pemotong rumput dan mesin jahit, loh.

    Bagi yang baru mulai, bisa riset sendiri, atau kalau takut gagal, bisa juga ke tukang gerinda berpengalaman seperti Ahon. Yang penting, yang dipakai gerinda harus halus dan rapi sesuai alur pantat kem.

    Langkah papas pantat ini bisa bikin durasi kem berubah drastis. Misalnya, Jupiter Z durasi kemnya bisa jadi 20-30˚, dan lift atau angkatan akan bertambah 2 mm. Nah, setelah kem berubah, tinggal setting klepnya dan spuyernya. Ada baiknya naikkan dua step spuyer, tapi tetap pantau busi, kalau masih basah atau hitam, kurangi satu step.

    Penting diingat, ini butuh waktu dan kesabaran. Tapi hasilnya? Motor harian kalian bisa jadi lebih bertenaga! Selamat mencoba, para tunner motor gila!

    Raider