nhk

Rossi Curhat, Motor MotoGP Jaman Sekarang Lebih Menguras Tenaga! Butuh Fisik!

Maniakmotor – Valentino Rossi merupakan pembalap paling berpengalaman yang ada di kelas MotoGP saat ini. Bayangkan, ia sudah pernah mencoba motor MotoGP 500cc,  990cc, 800cc hingga yang 1000cc. Begitupun dengan jenis-jenis mesin, Ia pernah menjadi joki dua and empat tak V4, Inline4 dan V5.

Untuk masalah pabrikan alias merek mesin, doski sudah pernah singgah di tiga pabrikan. Mulai dari Honda, Yamaha and Ducati. Juga memakai ban Michelin dan Bridgestone. Hingga merasakan perubahan-perubahan teknologi, mulai dari Wings alias sayap-sayapan dan teknologi  ride-height devices. Dua paragraf ini menggambarkan pengalaman Rossi, selama 22 tahun di kelas paling bergengsi MotoGP.

Demikian untuk gaya membawa motor. Setiap perubahan pada motor, menuntut para pembalap untuk merubah gaya membawanya. Dan menurut Rossi, perubahan belakangan ini, seperti ditambahkannya winglet dan berbagai fitur aerodinamis merupakan perubahan terbesar.

“Belakangan ini perubahan gaya membawa motor sangat banyak. Terutama pada posisi badan yang semakin ke depan dengan kepala, bahu dan sikut yang sangat keluar,” sebut pemegang gelar juara Dunia 9 kali tersebut.

Selain itu menurut Rossi, perkembangan teknologi yang ada membuat pembalap bisa masuk tikungan lebih cepat. “Teknologi dari motor, rem hingga ban membuat kita dapat menarik rem sangat dekan dengan tikungan”curhat Rossi, membandingkan dengan pada masa mudanya.

Menurutnya hal ini juga merupakan efek dari aerodinamika motor,”dengan motor yang semakin aero, para pembalap bisa semakin kencang. Tentunya ini merubah kecepatan kita mendekati tikungan, dan semakin berat untuk merubah arah motor di tikungan. Tentunya ini sangat menguras tenaga,” tambah The Doctor, yang sekarang membalap bersama tim Petronas itu.

Walau begitu, sang veteran tetap percaya dengan gaya konvensional yang ia hanya ubah sedikit. “Karena menurut saya, masih banyak pembalap yang menggunakan gaya normal seperti Jack Miller dan Franco Morbidelli yang tetap dapat berkendara dengan kencang.” Tutup Rossi meneguhkan argumen.

Dan sepertinya, Rossi semakin kesulitan dengan performa motor jaman saat ini yang seperti katanya “lebih menguras tenaga”. Valentino Rossi memasuki libur musim panas, dengan catatan 3 kali berturut-turut tidak bertemu bendera finish.

Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353