Selang Rem SRP Bisa Deteksi Dusta Joki! Dipakai di Yamaha R3 YRI, Akali Master Rem STD Tetap Pakai Sensor Canggih?

Maniakmotor.com – Kalau di kelas UB 150, pengereman Mx King memang bebasan. Racetech misalnya, lengkap dengan pengereman dari MFZ Racing yang juga dilengkapi selang rem SRP. Tapi beda cerita dengan Yamaha R3 dari Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang kudu STD.

Setidaknya itu peraturan kelas AP250 sampai seri 1 ARRC 2024 ini. Gak tahu deh kalau di seri 2 nanti bisa berubah, hehe. Makanya pengereman itu tetap kudu diseimbangkan dengan selang rem yang berkualitas.

Ya kali selang remnya dipaksa pakai STD🗿. Urusan nyawa soalnya bro, gak boleh main-main. Apalagi top speednya mendekati angka 200km/jam. Bisa-bisa Yamaha R3 makin juara tuh. Wong ngeblongnya sampai ke Indonesia kalau dipaksa pakai yang karet punya, haha.

Makanya pakai selang rem aftermarket seperti dari SRP keluaran Ultraspeed Racing jadi solusi. Selain bahannya Teflon berkualitas dan anti panas punya, rupanya juga bisa untuk pasang sensor pengereman anti dusta joki.

Tuh dijelaskan langsung bosnya, Freddy Gautama yang bermarkas di Ruko Bavaria No.27, Gading Serpong, Tangerang. Banyak unggulannya yang memang memudahkan tim-tim balap.

“Semua bisa request sesuai kemauan. Termasuk menambahkan dudukan sensor pengeraman. Itu lho, yang buat tahu seberapa sering rem dipakai. Jadinya joki kan enggak bisa bohong,” tutur Freddy.

“Maksudnya bisa kelihatan tuh di mana titik pengeremannya. Apakah direm terlalu jauh dari tikungan. Atau malah terlalu dekat sehingga sering out. Bisa juga deteksi, apakah kelamaan memencet rem atau tidak,” lanjut Freddy.

Gampangnya, joki enggak bisa bohong bro. Tapi memang urusan pasang-pasang sensor ini butuh presisi. Kalau enggak, pastilah minyak rem bisa bocor ke mana-mana.

Itupun diakui Freddy hanya dibuat dalam waktu 2 jam. Kebetulan langsung diminta kepala mekanik YRI, Rober Chong.

“Sebelum seri ARRC Thailand kemarin Ko Robert sempat datang. Dia minta memang yang persis untuk ada sensornya tadi. Ukuran panjangnya juga berbeda dengan Yamaha R25,” ucap Freddy.

“Dikiranya motor Yamahha R3 itu akan ditinggal semaleman. Tapi dengan alat CNC kita, langsung jadi tuh dalam waktu 2 jam. Itu juga yang dibawa Ko Robert ke Thailand kemarin. Ya balik lagi, kita bisa melayani sesuai request,” sambungnya.

Artinya bro yang kepingin request tipe selang rem model apapun, juga bisa ke SRP. Mulai dari panjang, bentukan, sampai dengan penambahan sensor pasti aman.

Cukup order ke Ultra Speed Racing, pasti dilayani. Gaspwol!

RAIDER