Terbongkar, Ini Alasan Hanya Ada 1 Insinyur Ex Repsol Honda yang Ikut Marc Marquez ke Gresini!

Maniakmotor.com — Kesetiaan Marc Marquez dengan Honda bisa dilihat dari bagaimana doi bertahan selama 11 tahun di Repsol. Tim pabrikan asal Jepang yang telah menemani pembalap asal Spanyol itu meraih Gelar Juara Dunia MotoGP tak nanggung-nanggung, sebanyak 6 kali. 

Namun, cukup kita ketahui kepindahan Marquez ke Gresini pada MotoGP musim ini, menuai pertanyaan dari publik; Mengapa hanya ada 1 insinyur yang ikut doi dari  Honda ke tim barunya di Ducati?. Insinyur yang dimaksud adalah Javi Ortiz. Padahal kalau dipikir-pikir, Marquez dengan kawan-kawan internal di Repsol Honda memiliki hubungan yang seerat itu, terutama dengan kepala tim, Santi Hernandez yang tetap stay di Honda.

Ternyata, bukan asumsi seperti konflik antara Marquez dengan Honda lah alasannya. Alasan sesungguhnya baru saja terungkap pada film dokumenter mengenai legenda MotoGP tersebut. Jadi sebenarnya karena apa sih?

“Kepindahan saya ke Gresini dari tim yang sebelumnya telah menaungi saya selama 11 tahun, tidak seharusnya mengubah keluarga Gresini. Itu jadi alasan mengapa saya  hanya membawa salah satu anggota tim Repsol saya ke Gresini, tetapi tidak seluruh tim. Karena mereka punya keluarga, lingkungannya sendiri,” pungkas pembalap yang akrab dijuluki The Baby Aliens itu, Maniak Motor lansir dari Crash pada Minggu, 3 Maret 2024.

“Dengan mengganti pembalap, Anda tidak bisa menghancurkan keluarga itu (gresini), saya harus beradaptasi dengannya,” tegas Marquez lebih lanjutnya.

Yap, alasan Marquez, ternyata berkaitan dengan bagaimana doi menilai kekeluargaan di tim yang sekarang doi berada, Gresini, yang amat kuat. Hal itu, juga  semakin diperkuat dengan apa yang diungkapkan oleh pemilik tim Gresini, Nadia Padovani, istri dari Fausto Gresini.

“Apabila suami saya masih hidup, dia akan senang sekali menyambut bergabungnya Marc Marquez dengan kami, menjadi bagian dari keluarga kami. Saya amat yakin dia akan amat bahagia dan bangga,” kata Nadia dikutip dari Film Dokumenter yang sama.

“Kami (tim)  adalah keluarga di hati, kami selalu berusaha untuk menjadi baik bersama-sama. Secara psikologis kami tidak ingin memberi tekanan lebih pada pembalap yang menjadi bagian dari keluarga kami, dan kami selalu siap mengupayakan apapun yang terbaik.” sambung Nadia.

Marquez juga sadar bahwa Nadia dan keluarga Gresini menganggap bergabungnya doi dengan tim, adalah sesuatu yang amat penting, melihat Fausto, pemilik Gresini yang merupakan suami dari Nadia yang telah meninggal di tahun 2011, amat menyanjungnya.

Dinamika perjalanan karir Marquez yang bergabung ke pabrikan eropa asal negara Italia, usai bertahun-tahun lamanya doi ada di pabrikan Jepang, cukup rasional bila dirinya memilih keputusan seperti demikian. Tak mau membawa keseluruhan circle doi di Repsol karena merasa itu akan “mengubah” identitas kekelurgaan yang khas dari Gresini. Gimana kalau menurut bro Maniak?

-Diva-