Tes MotoGP Mandalika: Honda Tiru Wing Let Ducati, Percobaan Pertama! Fungsinya?

Maniakmotor –  RC213V versi tahun 2022 adalah motor dengan DNA yang hampir sepenuhnya berubah. Bahkan Marc Marquez sendiri kaget dengan motor dari pabrikan Jepang tersebut. Enggak main – main, mulai chassis, mesin, hingga fairing diubah. Kalau kata Puig, ini adalah produk hasil kerja sama para pembalap.

Namun, yang paling maju dalam hal teknologi adalah Ducati. Mereka bukan hanya inovator kreatif, namun juga inovator sukses. Itu dibuktikan pada akhir musim MotoGP 2021 dengan penampilan apik. Oleh karena itu, pabrikan lain mulai menjadikan motor merah itu contoh ideal motor yang bisa kencang.

Honda sendiri menjadikan fairing yang dimiliki pabrikan Bologna, Italia itu sebagai contoh di kanvas putih RC213V barunya. Dimana mereka akhirnya menambahkan wing let atau sayap baru pada tes Mandalika 11-13 Februari ini. Sebelumnya wing let itu enggak ada di Sepang, atau pada launching, namun kali ini mereka mengaplikasikannya di motor Marc dan Pol Espargaro.

Close up wing let

Wing let dengan bentuk seperti corong di samping tangki dan body ini memiliki fungsi ganda. Yang pertama adalah membersihkan angin yang melewati motor, dan menghasilkan tekanan ‘down force’ atau ke arah bawah di track lurus saat kecepatan tinggi. Yang kedua adalah membantu motor lebih anteng ketika memasuki tikungan pada fase pengereman pertama.

Tipe baru dari wing let Honda ini sudah terlihat baik di motor milik Marc Marquez dan Pol Espargaro. Mereka sudah tidak memakai tipe wing let 2021 di motor 2022 ini secara komplit.

Tentu saja dapat dibilang perkembangan teknologi dari masing – masing pabrikan ini adalah hal yang baik. Walau masih ada banyak pihak yang tidak setuju dengan, ‘teknologi memudahkan pembalap’, atau ‘tandingkan pembalap bukan uang’. Tidak ada yang bisa melarang orang untuk berkreasi, menghasilkan tunggangan yang paling efektif dan kencang (selama tidak keluar dari regulasi).

Apa yang penting, adalah persaingan yang seimbang. Tidak ada yang tertinggal dan membuat balapan jadi membosankan dengan pemenang tunggal.

MM 

BACA JUGA

Tes MotoGP Mandalika: Quartararo Enggak Peduli Yamaha M1 Paling ‘Kudet’, Tetap PEDE!

Tes MotoGP Mandalika: Sempat Mirip Sirkuit Motocross, Pembalap Pada Marah dan Takut!

Hasil Tes Mandalika Sabtu: Jam Ke-3, Brad Binder Disusul Quartararo!