Tes MotoGP Mandalika, Sabtu: Joki Ducati GP22 Paling Ngacir, Luca Marini Dapat Harapan Baru!

Maniakmotor – Sirkuit mulai kinclong, pembalap mulai pada Gaspol di Mandalika pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 ini. Dari pagi hari, rekor di hari sebelumnya sudah dibalap oleh beberapa pembalap. Dan udah sewajarnya mereka makin ngacir di sore hari menjelang penutupan hari ke-2 tes tersebut.

Pada catatan waktu yang sudah jauh melampaui rekor WSBK milik Toprak itu, Luca Marini dari Mooney VR46 Racing jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1m 31.289 detik. Bahkan meninggalkan 8 kali juara dunia Marc Marquez di belakangnya sejauh 0.2 detik.

Tentu untuk adik dari juara dunia 9 kali Valentino Rossi itu, jadi hal yang mengejutkan. Apalagi ketika melihat kebelakang musim 2021 yang dapat dikatakan agak kesulitan dan menyedihkan. Tes di Sepang juga kurang baik karena adanya masalah teknis yang buat makin ngenes.

Sebagai GP22 terdepan hari ini, tentunya membuat dia senang. Emang sih cuma tes, “tapi kalau buat saya posisi pertama ini adalah tempat berharaga.  Apalagi saat saya lihat semua pembalap bersemangant untuk melakukan serangan waktu alias time attack. Menjadi pembalap di posisi pertama tentunya jadi hal yang baik untuk melihat potensi saya dan motor ini,” tukas Marini dengan senang.

Berbeda dengan ketika mengendarai motor lamanya, sangat banyak harapan yang didapatkannya ketika menggunakan GP22. “Saya merasakan banyak ruang untuk dikembangkan, dan jujur saja saya merasa leebih baik dari pada pakai motor lama saya itu,” jelas juara dunia Moto2 tahun 2020 tersebut.

Potensi yang dirasakan oleh Luca Marini memiliki dasar yang kuat, terutama ketika melihat kembali performa di hari Sabtu ini. “Tentu saja kondisi sirkuit sudah mengering, namun ini berkat kepercayaan diri saya dengan motor yang lebih meningkat pesat. Saya juga nyaman dengan ban bekas, jadi saya pikir kami punya potensi bagus di trek ini dengan GP22,” lanjut Marini.

“Lebih kencang dari 1 menit 31 detik juga enggak jadi suatu hal yang mustahil. Namun saya akan lebih fokus simulasi balapan untuk besok, bukan ngebut – ngebutan. Mungkin saja ada yang punya waktu lebih dan mencobanya, saya sendiri belum tahu,” tambah Marini menjelaskan rencananya untuk besok.

Apa yang menjadi program untuk mau ditingkatkan sekarang adalah pengereman. “Itu faktor penting, apalagi memikirkan filosofi untuk lebih kencang. Anda harus bisa mengerem di tempat terdekat dari tikungan, namun tetap memiliki momentum yang baik untuk keluar tikungan dengan kencang. Rem yang baik akan membantu kami untuk memiliki performa yang baik pula,” tutup Luca Marini dengan harapan besar.

MM

BACA JUGA

Hasil Tes Mandalika Sabtu, Final: Wow, Adik Rossi, Marini Tercepat! Disusul Marc Marquez dan Vinales

Hasil Tes Mandalika Sabtu: Jam Ke-7, Masih Brad Binder, Hujan Mau Datang, Bersiap Kebut – Kebutan?