Tes MotoGP Mandalika: Sempat Mirip Sirkuit Motocross, Pembalap Pada Marah dan Takut!

Maniakmotor – Sirkuit Mandalika adalah salah satu sirkuit terspektakuler, dengan banyaknya alam rindah di sekitar sirkuit. Termasuk pantai Mandalika, yang berjarak 400 meter dari sirkuit. Namun debu dari pantai tersebut, tidak pernah terpikirkan akan sampai hingga kedalam sirkuit Mandalika, apalagi saat ada hujan besar yang membuat campuran pasir dan air seperti lumpur.

Seperti yang kita tahu, ini bahkan membuat sesi tes di hari pertama sempat diberhentikan dengan red flag atau bendera merah. Tanpa tersorot kamera, ternyata hal ini sampai membuat banyak pembalap ketakutan hingga marah. Yang akhirnya membuat para pembalap MotoGP melakukan rapat bersama, mencari jalan keluar untuk situasi tersebut.

Franco Morbdelli sendiri bilang f***ing dangerous” alias “bahaya banget bang**“, begitupun Aleix Espargaro, “sirkuit kemarin benar  – benar enggak aman untuk di kendarai, sama sekali,” tukas pembalap Aprilia tersebut.

Franco Morbidelli

Aleix marah dengan kebijakan harus bantu – bantu “kerja bakti”, hehe. “Saya kesini bukan untuk membersihkan sirkuit. Kalau kayak Qatar, debunya masih bisa ditoleransi, kemarin benar – benar enggak bisa dikendarai,” jelas Aleix, salah satu pembalap paling senior di grid MotoGP saat ini.

Aleix Espargaro Mandalika

Dovisiozo juga menjadi pembalap yang mengeluarkan gagasan pada rapat kemarin. “Kami melakukan rapat untuk memutuskan apakah sirkuit harus dibersihkan secara manual, atau dengan kami terus keluar ke sirkuit melindaskan ban,” tukas pembalap paling senior MotoGP disitu.

“Seperti kelihatannya, sirkuit sangat bahaya, dan enggak ada yang mau keluar dengan motornya untuk membersihkan debu itu. Karena kami mewajibkan minimal 20 putaran,” lanjut Dovisiozo dengan khawatir.

Meskipun di sore hari kemarin sirkuit mulai bersih dan time mulai kencang, tapi pembalap juga tersiksa, “harus di racing line yang benar, salah sikit bisa barabe. Saya sendiri jadi agak stress,” tutup Dovisiozo dengan sedikit kecewa.

Brad Binder mendukung pernyataan milik Dovisiozo itu,”itu adalah keputusan yang tepat untuk membersihkan sirkuit. Saya sendiri sempat kena krikil di mana – mana. Bahkan sempat enggak bisa melihat dari dalam helm, rasanya kayak sirkuit Motocross,” tukas pembalap Afrika, dari tim Red Bull KTM itu.

Sempat enggak ada yang mau keluar untuk membersihkan pasir di racing line, ALex Marquez juga jadi salah satu penasihat race direction kemarin, “tunggu – tungguan dan enggak ada yang keluar – keluar. Oleh karena itu saya menyarankan untuk membuat minimal 20 putaran pada seluruh pembalap kepada race direction. Akhirnya hal itu terwujud,” tutur Alex Marquez, pembalap LCR Honda tersebut.

Tampang Motor Quartararo yang kotor karena debu – debu sirkuit

Raider

sumber crash.net

BACA JUGA

Tes WSBK Portimao: Toprak Razgatlioglu Kaget Bisa Pecahkan Rekor, Ini Perubahan Motornya!

Hasil Tes Mandalika Sabtu: Jam Ke-3, Brad Binder Disusul Quartararo!