Tips Buat Motor Makin Nendang dengan Rumah Kopling Pernya Banyak

Maniakmotor.com – Pernah merasakan power mesin motor yang udah ngeri tapi kok koplingnya masih kurang greget? Slip kopling bikin kesel, ganti per malah keras, dan kopling jadi bagel, ngeri-ngeri sedap. Tenang, bro, ada solusi keren nih buat motormu: pakai aja rumah kopling dengan per lebih banyak!

Menurut om Yuli Purwoko dari Mototech, Yogyakarta, rumah kopling dengan per lebih banyak bisa jadi jawaban buat masalah kopling yang nggak karuan. Dengan per yang banyak, tekanan ke kampas kopling lebih merata dari semua sisi, jadi nggak perlu khawatir lagi soal kopling keras atau kasar.

Makanya, ada produk keren dari negeri jiran, Malaysia, yang udah punya rumah kopling kayak gini. Mereka pake metode dengan per lebih banyak, jadi per-nya tetap lembut tapi tetap efisien dalam menyalurkan tenaga dari girboks sampai roda. Keren, kan?

Awalnya, rumah kopling kayak gini sering dipakai di special engine yang punya enam per. Tapi sekarang udah ada versi yang disesuaikan buat motor kita, Malayu, hehe. Harganya juga nggak bikin kantong bolong, jadi nggak usah khawatir.

Kalo buat bebek, contohnya Yamaha Jupiter Z dan Honda Blade, mereka pakai enam per. Harganya pun terjangkau, Jupiter Z cuma sekitar 350 ribu, Blade sedikit lebih mahal karena dilengkapi pelat kopling. Nah, buat motor laki, RX King juga bisa dipasangin yang punya lima per. Anti slip, bro!

Ingat ya, nggak cuma motor balap yang bisa pakai, motor harian juga bisa. Jadi, nggak ada alasan lagi buat kopling yang nggak greget. Yuk, pasang rumah kopling per banyak dan rasakan bedanya!