Tips Ecu Motor: Jangan Sampai Goyang!

Maniakmotor.com – Ketika membahas kinerja motor fuel injection, satu elemen krusial yang sering terabaikan adalah suplai tegangan yang stabil. Electronic Control Unit (ECU), otak di balik sistem injeksi, memerlukan arus listrik yang konsisten untuk beroperasi secara optimal. Oleh karena itu, penggunaan aki kering atau maintenance free (MF) menjadi standar, mengingat aki ini mampu menyediakan suplai listrik yang stabil.

Tetapi, apa yang terjadi jika arus dari aki tidak stabil? Ternyata, gangguan pada suplai tegangan dapat membuat ECU ‘ngaco’, mirip dengan kita ketika tidak mendapat asupan makanan yang cukup. Teguh, seorang mekanik berpengalaman dari Teguh Custom di Jakarta Timur, menjelaskan bahwa gangguan ini bisa menyebabkan ECU melakukan kesalahan atau bahkan membuat motor sulit untuk berfungsi dengan baik.

Jangan langsung panik jika melihat lampu indikator check engine berkedip atau merasakan tenaga motor tiba-tiba menurun. Ini bisa menjadi tanda bahwa suplai tegangan tidak stabil, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah baut aki yang kendur. Teguh menegaskan bahwa ini bukanlah sekadar curhatan semata, melainkan fakta berdasarkan pengalaman salah satu konsumennya yang mengalami masalah serupa.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik motor untuk memeriksa secara rutin kondisi baut aki dan memastikan bahwa mereka terpasang dengan kuat. Langkah sederhana ini dapat mencegah gangguan pada suplai tegangan dan memastikan kinerja ECU tetap optimal. Dengan begitu, motor akan tetap berjalan lancar dan menghindari masalah yang tidak diinginkan di jalan.