nhk

Tips Motor; Modal Ban Dalam, Pindah Persneling Tetap Nyaman

ManiakMotor – Buat pemilik motor yang dikendalikan rantai rodanya, gak ada salahnya iseng-iseng pakai tips ini. Siapa tau perlu, karena emang ini sangat perlu agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Sering bongkar-bongkar motor pasti paham yang namanya nat gear. Itu loh yang menghubungkan antara sproket dan pelek. “Di dalam teromolnya ada bongkahan karet pengganjal. Fngsinya  sebagai peredam entakan,” ucap Iphay dari bengkel Fortune Tech 99 yang bermarkas di Kebagusan 4, Jakarta Selatan.

Jika karet sudah terkikis dimakan usia pasti nat gear bakalan oblak atau goyang. Risikonya penahan yang ada pada tromol bisa pecah. Nah, jangan sampai begitu dan terpaksa ganti teromol. Tapi paling utama dari gejala ausnya karet ini, setiap digas dan pindah gigi mulai tak nyaman. Karena entakan akan terasa di seluruh badan sampeyan.

Nah ini ada cara praktis mengatasi hal tersebut. Tinggal diganjal pakai sobekan ban dalam. Langkah pertama, ya  harus bongkar dulu tuh roda. Lalu cek bagian nat remnya, jika memang permasalahannya di situ, berarti bagian yang diganjal agar celah nat berkurang.

“Di nat gear ada empat kaki sebagai penghubung, bagian itu yang diganjal agar tidak goyang,” celetuk Iphay. Lanjut ke langkah selanjutnya, guntinlah ban dalam sesuai ukuran, jangan terlalu kecil, jangan juga kebesaran. Yang jelas, harus pas saat diselipkan pada karet pengganjalnya (lihat gambar). 

Tips ini hanya sementara alias darurat, mau tetap nyaman harus diganti yang baru, eits tips ini bisa di aplikasikan di semua motor. Umumnya sih motor yang sudah tahunan. Ada juga yang belum tahunan, tapi sudah terasa seperti cerita di atas, nah itu tanda motor pekerja berat. Pasti jam terbangt spedometernya juga tinggi. Gb

BACA JUGA

Tips Motor; Kampas Rem Digerinda Anti Seret, Ilmu Racing Untuk Harian!

Tips Motor; Bikin Alat Papas Ring Seher

Tips Motor: Bikin Pemecah Karbon Knalpot, Nilai Oktan Naik, Tenaga Tambah

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353