Usai Nge-T Miguel Oliveira di MotoGP Portugal 2023, Marc Marquez Bakal Diserang Fans Portugis Nanti?

ManiakMotor.com — Putaran kedua MotoGP 2024 di Sirkuit Portimao, Portugal, hanya menghitung hari tepatnya pada Minggu, 24 Maret 2024. Bak nostalgia bagi Miguel Oliveira, yang kini merupakan pembalap Trackhouse Aprilia saat dahulu tertabrak oleh Marc Marquez di “kandang”-nya sendiri. Insiden tersebut juga mengingatkan kita bagaimana struggle yang dihadapi oleh Marquez melawan kuda besi Honda miliknya sendiri saat masih di tim Repsol.

Riuh para fans dari Oliveira amat dramatis, ya gimana lagi ya bro? Ibaratnya pembalap kebanggaan di negara sendiri justru tersingkirkan, tepat pada putaran pertama musim lalu. Crash itu menyebabkan Marquez cedera pada lengannya, sementara Oliveira cedera pada pinggul. Sang pembalap kesayangan repsol kala itu juga sempat dikenakan hukuman pinalti, yang namun pada akhirnya digagalkan karena aju banding oleh Honda.

Meski begitu, di musim ini, Oliveira tampak lebih legowo menghadapi “reuni” dirinya dengan Marquez di Portimao beberapa hari lagi. Move on, kata yang mungkin tepat untuk doi. Justru, Oliveira lebih berfokus mempersiapkan diri untuk mencapai targetnya perform terbaik di sirkuit asal negaranya itu. Minimal podium lah ya, bro.

“Saya merasa musim ini akan menjadi potensi bagi saya untuk tampil lebih baik di Portimao. Sirkuit ini adalah sirkuit favorit saya,” pungkas Oliveira, Maniak Motor lansir dari Crash pada Kamis, 21 Maret 2024.

Doi juga mengungkapkan kalau kali ini, dirinya akan lebih natural untuk berkendara dengan RS-GP 24 miliknya itu. Yap, mengingat di musim ini, tim Trackhouse mendapatkan kesempatan untuk menyicipi motor pabrikan. Sama seperti yang juga dikendarai oleh Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Alih-alih, “melarang” Marquez mengulang ulah yang sama seperti musim lalu di Portimao. Oliveira justru berharap pembalap anyar dari Gresini Ducati tersebut lebih baik lagi dengan Desmosedicinya itu. Tak pusing sendiri melawan mesinnya sendiri, seperti yang dahulu Marquez alami dengan Honda.

“Saya telah melihat Marc, bersama Ducati, melakukannya dengan sangat baik. Mungkin dia lebih terlihat berhati-hati, tapi hal itulah yang membuat performanya semakin solid. Kecepatan yang dia capai sesuai dugaan saya,” ucap Oliveira pada kesempatan yang sama.

Pembalap asal portugal tersebut terakhir meraih kejuaraan di kandang sendiri adalah 4 tahun yang lalu. Padahal, MotoGP 2023 lalu di Portimao adalah kesempatan emas bagi Oliveira di saat ambisi doi sedang berapi-apinya. Mau dikata apa, insiden bersejarah telah terlanjur terukir oleh Marquez dengan RC213V-nya itu. 

“Kali ini, akan saya buktikan, kejadian di Portimao musim lalu, akan bertolak belakang dengan musim ini. Saya bisa meraih posisi paling depan, dan bila itu terjadi tentu akan membuat saya amat bahagia,” tutup Oliveira.

XiuXiu