Wajarkah M. Faerozi dan Herjun Firdaus Kena Track Limit di Race 1 ARRC Zhuhai 2024? Juaranya Cao Vietnam Beda 0,7 Detik!

Maniakmotor.com – Padahal jarak Cao Vietnam dengan M.Faerozi dan Herjun Firdaus sejauh 0,7 detik. Tapi kok bisa-bisanye, Cao Vietnam diuntungkan Track Limit dua joki Yamaha Racing Indonesia dan Astra Honda Racing itu?

Kalau bro kelewatan, kejadiannya pada Race 1 AP250 ARRC Zhuhai 2024. Masuk last lap, M.Faerozi dan Herjun Ferdiaus keluar dari track limit di tikungan terakhir sesaat sebelum garis finis.

Akibatnye, Cao Vietnam yang berada di posisi ke-3 naik posisi hingga podium 1.

Lantas, pantaskah hal ini terjadi? Nah, ngomong track limit sebenarnya boleh ambil contoh dari MotoGP. Kebetulan, kejadian yang sama persis sempat terjadi kok.

Itu bro boleh tengok, MugelloGP 2021, ketika Miguel Oliveira dan Joan Mir keluar dari track limit pada putaran terakhir. Namun Johann Zarco yang ada di belakang mereka berdua, tetap berada di posisi ke-4 dan tidak mengalami perubahan posisi sama sekali.

Karena track limit di MotoGP hanya berlaku bagi mereka yang berada di dalam “Striking Distance”. “Alias mereka yang cukup dekat dengan pembalap lain, untuk bisa disalip. Yang artinya, pembalap yang sedang berlari sendiri, dengan jarak lebih dari setengah detik dari pembalap di belakangnya tidak termasuk kedalam kriteria ini,” tutur Mike  Webb, Race Director MotoGP.

Oleh karena itu, Zarco harus puas terhadap keputusan yang diambil FIM Stewards. Dan anteng di posisi keempat. “Menurut saya ini oke-oke aja. Kecuali Zarco berada di bawah setengah detik, pasti akan berebeda cerita. Namun saat itu dia (Zarco) memiliki jarak 0,7 detik di belakang mereka (Oliveira dan Mir).” Sebut Francesco Guidotti, Manajer tim Pramac yang waktu itu sudah datang ke direksi perlombaan juga.

Jarak Faerozi (36) dan Cao Vietnam (65) beda 0,7 detik bila dilihat secara kasat mata sebelum masuk tikungan terakhir juga jauh bestie🗿

Perlu dicatat tuh bro, jaraknya persis sama seperti M. Faerozi dan Cao Vietnam yang berbeda 0,7 detik.

Cao Vietnam +0,7 detik

Jadi, apa dasar Race Director ARRC dalam memberikan track limit di Race 1 AP250 ARRC Zhuhai 2024 ini? Mari kita tunggu penjelasannya.

RAIDER