WSBK: Redding Ingkatkan, Winglet Justru Bisa Bikin Motor Pelan!

Maniakmotor –  Memang aslinya, winglet itu berasal dari teknologi pesawat untuk meningkatkan efisiensi penerbangan. Namun pada 2015 lalu, Ducati membawa winglet ini ke olahraga MotoGP dalam menyiasati penyeragaman eccu motor. Winglet di pesawat dan motor berbeda, kalau pesawat dipakai agar badan pesawat tentunya bisa terbang lebih baik. Kalau motor, winglet ini digunakan untuk lebih mudah menekan motor ke permukaan tanah.

Pembalap baru BMW, Scott Redding, lantas memberikan komentar terkait teknologi ‘kontemporer’ Motor ini. “Di MotoGP, saya justru belum pernah mencoba winglet ini. Namun di Ducati, saya mencoba dengan dan tanpa winglet ini. Dan perbedaannya sangatlah besar, saya yakin di MotoGP ini sangat berpengaruh karena tenaganya jauh lebih besar dari WSBK,” tukas Redding yang sudah mengutak – ngatik winglet-nya itu.

Namun, Redding bisa melirik kerugian memakai sayap ini, “semakin besar mereka, semakin banyak downforce yang dihasilkan. Bagus untuk mencegah ban depan mengangkat, namun semakin buruk di kecepatan tertinggi (topspeed). Dan saya yakin belum banyak yang memikirkannya,” jelas Redding mengingatkan.

Dan pada akhirnya, WSBK akan tidak terlalu membutuhkan winglet ini dibandingkan dengan MotoGP. “Karena tenaga yang kami hasilkan tidak sekuat mereka (MotoGP), jadi enggak usah terlalu besar deh winglet-nya. Yang ada nanti motor malah jadi kerem dan gak ngegas,” lanjut Redding menyebutkan kekurangan sistem winglet ini.

Scott Redding Cornering

Bahkan, winglet kecil saja bisa menjadi pengganggu motor, “seperti pada seri Philip Island lalu dengan bertiupnya angin silang (angin dari kiri dan kanan). Motor jadi terasa lebih pelan dan pastinya berakhir pada performa yang kurang baik. Ya, tentu saja banyak baiknya juga dari teknologi ini, terutama ketika ingin menggunakan aspek lain untuk menekan motor ke bawah tanah ketika lagi menikung,” tutup Redding terus mengingatkan.

Raider

BACA JUGA

MotoGP: Raul Fernandez Klarifikasi Masalah di KTM Ajo, Kurang Tuntunan Aja!

MotoGP: Miller Lihat, Standard Joki MotoGP Berubah Karena Marquez! Harus Jadi Atlit Elit!

MotoGP: Ducati Lihat Bagnaia Mantap, Miller Masih Kurang!

Galang Hendra Siap Turun Di Kelas Apapun Untuk 2022! Kalau WSSP300, Juara Dunia!