WSBK: Toprak Bisa Pindah Ke MotoGP Pada Tahun 2023! Bila?

Maniakmotor – Toprak Razgatlioglu, juara dunia World Superbike 2021 dari Turki itu memiliki kontrak dengan Pata Yamaha hingga akhir tahun 2023. Meskipun begitu, doski bisa saja pindah ke MotoGP sebelum waktu itu, atau tepatnya di awal tahun 2023.

Sebenarnya, sudah bukan rahasia lagi Yamaha menginginkan sang pembalap Turki itu. Pasalnya, kali lalu tim Yamaha RNF yang dulu merupakan Yamaha Petronas itu sudah memberikan penawaran pada Toprak untuk tahun 2022.

Penawaran tersebut diberikan pada pertengahan tahun 2021 lalu. Namun seperti yang kita tahu, Toprak lebih kukuh untuk tinggal dan berjuang di WSBK. keputusannya yang sudah lama ia pegang itu, membuat perpindahan ke MotoGP semakin berkurang tiap harinya.

Namun untuk tahun 2022 sendiri, Toprak lebih gampang tergoda dan seperti sedang mencari angin baru. “Saya akan mencoba M1 pada beberapa tes privat di tahun 2022. Daimana saya akan mendampingi Cal Crutchlow, dan dengan ini berharap untuk debut pada tahun 2023 setelahnya,” sebut Toprak pada acara selebrasi Yamaha WSBK lalu.

Bahkan rumornya, Toprak juga menjadi pembalap ‘simpenan’ alias cedangan tim RNF Yamaha di tahun 2022. Posisinya itu, sama seperti Crutchlow pada tahun 2022 nanti dengan tim Yamaha Monster Energy alias tim pabrikan.

Meskipun ucapan bahwa dirinya bisa tampil di MotoGP pada tahun 2023 keluar dari mulutnya sendiri. Namun ada berbagai faktor perhitungan.

Pertama, ia bisa saja menggantikan Andrea Dovisiozo yang merupakan pembalap paling senior di grid saat ini, dengan kontraknya yang akan berakhir pada tahun 2022 mendatang.

Kontrak Dovi, sama seperti Darryn Binder. Yang artinya Toprak juga bisa saja menggantikan Darryn Binder, terutama bila ia tidak bisa tampil kompetitif layaknya di Moto3 lalu.

Begitupun dengan isu Quartararo yang meminta 20 juta euro untuk perpanjangan kontrak di 2023. Angka yang sangat besar, hingga bisa – bisa membuat Yamaha tidak mampu melanjutkan kontrak tersebut secara finansial.

Meskipun begitu, apa yang sudah pasti hanyalah bahwa Toprak akan hadir dan mempertahankan gelar juara dunianya pada tahun 2022 mendatang. Sebagai seorang Turki pertama yang juga merupakan jawara di kejuaraan bergengsi WSBK itu.

Raider

BACA JUGA

Yamaha Endurance: Cetak Toprak Razgatlioglu atau Thomas Luthi, Begini Perbedaan Balap di Eropa dan Indonesia Menurut Minoru Morimoto!

MotoGP: Pindah Ke KTM, Guidotti Beberkan Kelemahan Zarco!

WSBK: Tes Jerez Selesai, Kelingking Lecuona Patah! Efek Pakai Showa??

MotoGP: Valentino Rossi Tidak Benar-Benar Berhenti! Akan Hadir Dalam Beberapa Balapan!